Dalam upaya pencegahan virus Corona harus menerapkan 3 protokol kesehatan diantaranya menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak minimal 2 meter. Sebagian orang masih menganggap jika sudah mengenakan masker berarti boleh melakukan komunikasi dengan orang banyak. 

Pasalnya, tak ada satu hal pun yang bisa menjamin kamu kebal dari virus corona, termasuk dengan memakai masker. Sehingga tak cukup untuk mencegah penyebaran Covid-19 jika kamu tidak menjaga jarak sosial. 

 

 

Studi: Pakai Masker Saja Belum Cukup Jika Tak Dibarengi Jaga Jarak / Credit: cnnindonesia.com

Dalam Physics of Fluids, oleh AIP Publishing, para peneliti menguji bagaimana lima jenis bahan masker mempengaruhi penyebaran tetesan yang membawa virus Corona saat kita batuk atau bersin.  Hasilnya, setiap bahan yang diuji mengurangi jumlah tetesan yang menyebar. Tetapi pada jarak kurang dari 6 kaki (1,82 cm), tetesan yang cukup berpotensi menyebabkan penyakit masih berhasil melewati beberapa bahan.

Selain fungsi utama masker sendiri yaitu untuk melindungi diri jika mengharuskan berkegiatan di luar rumah juga mencegah droplets atau air liur yang tidak sengaja keluar saat sedang berbicara atau membuka mulut mengingat penyebaran virus Corona melalui air liur. 

Masker yang disarankan adalah masker berbahan dasar kain yang bisa kamu buat sendiri atau beli di toko. Sebab semakin langka masker medis di pasaran dan diperuntukan untuk para medis sebagai garda terdepan yang berhubungan langsung dengan pasien ODP, PDP, bahkan yang dinyatakan positif sekalipun. 

 

Studi: Pakai Masker Saja Belum Cukup Jika Tak Dibarengi Jaga Jarak / Credit: kompas.com

Diungkap oleh Peter Gulick, spesialis penyakit menular dan profesor kedokteran di Michigan State University, memakai masker memang wajib, namun physical distancing juga harus tetap dilakukan jika ada aktivitas di luar ruangan dengan harus memakai masker.

Jika berada di luar rumah pun, kamu tidak boleh sembarang melakukan komunikasi pada orang yang ditemui di jalan, karena kamu sendiri juga tidak tahu apakah orang tersebut bebas virus atau tidak. Dengan mengurangi kontak fisik sebesar 75 persen, resiko terpapar lebih rendah menjadi 2,5 orang. 

Jadi, menggunakan masker saja tidak cukup, harus dibarengi dengan jaga jarak dan mencuci tangan. Karena penyebaran dan gejala Covid-19 ini susah untuk dilacak, ada baiknya jika kita mencegah sendiri kesehatan kita dan orang lain.

 

 

Featured Image - blog.aci.aero

Source - cnnindonesia.com