Menyentuh wajah adalah kebiasaan yang seringkali dilakukan dan dapat menyebabkan tertularnya virus Corona. Sebab, tangan merupakan bagian dari tubuh yang mudah terkontaminasi oleh bakteri dan virus karena seringnya berkontak langsung dengan benda-benda yang belum tentu dijamin kebersihannya. 

Faktanya, manusia secara tidak sadar menyentuh wajah kurang lebih 9 hingga 23 kali dalam sehari. Bahkan menurut penelitian kebiasaan tersebut sudah dilakukan sejak manusia di dalam kandungan. 

 

 

Menyentuh wajah merupakan tanda adanya perkembangan sehat pada bagian sensoris wajah. Namun, Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang sering menyentuh wajah, diantaranya: 

  • Ingin menyingkirkan atau memainkan rambut, namun tangan malah mengenai wajah.
  • Saat kaget, tangan Anda refleks menutup mulut.
  • Tidak sadar atau tidak sengaja menggigit kuku ketika sedang gugup.
  • Gatal di wajah, sehingga Anda ingin menggaruknya.
  • Wajah yang kotor seringkali membuat Anda “gemas” ingin membersihkannya pakai tangan. Namun, justru ini membuat Anda jadi terus menyentuh wajah.

Selain itu, World Health Organization (WHO) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa Covid-19 dapat menular ketika Anda sering menyentuh wajah menggunakan tangan. Lalu, bagaimana caranya supaya tidak sering menyentuh wajah? 

 

Satgas Covid-19: Tetap Hindari Menyentuh Wajah! / Credit: manado.tribunnews.com

Buat tangan selalu sibuk 

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah membuat tanganmu tetap melakukan sesuatu. Seperti melipat baju, menanam, memasak, atau membaca buku. Namun, setelah itu jangan lupa untuk mencuci tanganmu ya agar kebersihannya tetap terjaga. 

 

Sering mencuci tangan 

Mencuci tangan adalah salah satu cara mengurangi Covid-19. Dengan mencuci tangan setidaknya selama 20 detik mengikuti langkah-langkah yang benar menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer. Jangan lupa untuk mengeringkan tangan menggunakan tisu atau handuk bersih ya.

 

Menanamkan pola pikir 

Untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini kamu perlu menanamkan pikiran “jangan menyentuh wajah pakai tangan” demi menjaga kebersihan dan kesehatan. Selain itu, kamu harus mengingat di tangan terdapat banyak bakteri yang jika kamu melakukan kontak langsung dengan wajah, penyakit akan masuk ke dalam tubuh. 

 

 

Jadi, jangan malas merawat kulit wajah dan selalu cuci tangan agar tetap bersih ya. Jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan ketika kamu berada di luar rumah ya. 

 

Featured Image - gooddoctor.co.id

Source - cnnindonesia.com