Kasus Covid-19 belum kunjung usai dan terus mengalami peningkatan. Pada tanggal  (15/1/2021) tercatat pasien terinfeksi berjumlah 12.818. Bisa dikatakan, orang yang sudah terkonfirmasi positif menjadi 882.418, sembuh 718.696, dan meninggal 25.484. 

Melihat kasus di atas, banyak upaya yang dilakukan untuk memutus mata rantai virus Corona, mulai dari mencuci tangan. Namun, pencegahannya tidak berhenti sampai di situ. Ada beberapa kebiasaan-kebiasan buruk yang memperbesar risiko transmisi virus. Di antaranya. 

 

 

Penggunaan alat makan bersama 

Deretan Kebiasaan yang Dapat Tingkatkan Risiko Penularan Corona, Masih Sering Dilakukan! / Credit: klikdokter.com

Mengutip dari Best Life (bestlifeonline.com), kebiasaan berbagi makan dan memakai alat makan yang sama perlu kamu hentikan segera. Hal tersebut dapat memperbesar kemungkinan perpindahan kuman dari satu orang ke orang lainnya.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Emerging Infectious Disease, memakai alat makan bersamaan dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19 sebanyak tiga kali lipat. 

 

Mengupil 

Kebiasaan buruk selanjutnya adalah mengupil, sering dilakukan dan tanpa sadar bisa mengantarkan Covid-19 yang menempel di jari kamu masuk ke tubuh. Pasalnya, kulit hidung dalam lebih lembut daripada kulit bagian luar, sehingga lebih mudah untuk terluka. 

Saat terluka dan kamu memasukkan jari ke hidung, mikroskopik berbahaya bisa masuk ke aliran darah dengan mudah. Sebaiknya jika kamu ingin membersihkan kotoran hidung, kamu mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu supaya kebersihannya terjaga. 

 

Mengigit kuku 

Deretan Kebiasaan yang Dapat Tingkatkan Risiko Penularan Corona, Masih Sering Dilakukan! / Credit: lifestyle.kompas.com

Dikutip dari (bestlifeonline.com), sebaiknya kamu hentikan kebiasaan menggigit kuku, apalagi saat pandemi virus Corona. Kebiasaan ini secara tidak sadar dapat berisiko menularkan Covid-19 masuk ke tubuh melalui mulut. 

 

Tidak rutin membersihkan ponsel 

Pasalnya, ponsel adalah benda yang kita digunakan setiap hari, sehingga tidak heran banyak bakteri dan kotoran yang melekat di sana dan menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi akan membuat virus dengan mudah menyebar. Ketika virus atau bakteri menempel di tangan kamu, keduanya bisa bertransmisi ke ponsel saat kamu menggenggamnya. 

 

Meninggalkan cairan tubuh di toilet

Pasalnya, ada berbagai jenis kotoran tubuh yang ada di toilet harus disiram untuk mencegah penularan virus, termasuk produk higienis wanita harus dibungkus dengan pembungkus atau kertas toilet dan buang ke tempat sampah yang disediakan.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk menjaga kebersihan toilet dan tidak meninggalkan bekas cairan tubuh di toilet. 

 

 

Jaga Selalu Kesehatan Tubuhmu!

Deretan Kebiasaan yang Dapat Tingkatkan Risiko Penularan Corona, Masih Sering Dilakukan! / Credit; halodoc.com

Menghindari deretan kebiasaan di atas memang penting adanya untuk meminimalisir penularan virus corona. Lalu, jangan lupa untuk terus terapkan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. 

Pastikan pula kamu selalu menjaga kesehatan tubuh, dengan demikian imunitas pun dapat tetap dalam kondisi optimal. Bagaimana caranya? Mudahnya, kamu dianjurkan menerapkan pola hidup sehat. 

Pola hidup sehat tersebut meliputi mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, hindari stres, serta penuhi kebutuhan vitamin harian kamu!

Untuk memenuhi vitamin harian, selain dari sumber makanan, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin setiap harinya. Namun, multivitamin seperti apa yang direkomendasikan? 

Kamu direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C setiap hari. Kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat dalam Enervon-C mampu menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah sakit. 

Kamu bisa mengonsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet, kalau yang ini punya kandungan Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi yaitu 1000 mg


 

Pastikan kamu selalu menghindari kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko penularan virus, serta terapkan protokol kesehatan dan jaga kesehatan tubuhmu!

 

Featured Image - jeda.id

Source - popmama.com