Anjuran berdiam di rumah ternyata tidak menjamin perlindungan dari virus Corona. Kasus Covid-19 semakin meningkat, penderitanya pun siapa saja baik ia keluar rumah maupun di rumah saja.

Banyak yang beranggapan rumah adalah tempat yang paling aman dari virus, Hal ini memang tidak salah, namun jika kecolongan, seseorang bisa saja tetap terpapar Covid-19. Simak penyebab lengkapnya di sini. 

 

 

Menyentuh barang yang dipegang orang lain

Di Rumah Terus, Tapi Kena Covid-19. Kok Bisa Ya? / Credit: dulohupa.id

Menyentuh benda yang dipegang orang lain seringkali membuat orang lengah atau tidak sadar itu adalah tempat mutasi virus.  Seorang perempuan berasal dari North Carolina, AS terpapar Covid-19 meski selalu berada di rumah dan tidak pergi ke mana-mana, serta menerapkan protokol kesehatan kepada siapapun. 

Mengutip New York Post, dalam kasus ini ia pernah mengambil barang pesanan tanpa menggunakan sarung tangan. Setelah ditelusuri, ternyata orang yang membawa pesanan tersebut terpapar virus Corona dan ia otomatis tertular karena menyentuh benda yang sama. 

 

Kontak dengan keluarga 

Orang yang diam di rumah sudah merasa aman, padahal masih belum aman jika masih melakukan kontak dengan orang lain. Terlebih jika tidak menggunakan protokol kesehatan yang ketat. 

Seringnya tetangga dianggap aman-aman saja. Padahal, mereka bisa saja pergi ke tempat lain dan terpapar di sana. Itulah yang membuat kamu mungkin saja terkena virus corona meski sudah di rumah saja. 

Bukan tidak boleh kamu mengobrol dengan tetangga. Boleh saja, asal tetap menerapkan jaga jarak dan memakai masker saat mengobrol dan bertemu. 

 

Tertular dari orang serumah 

Di Rumah Terus, Tapi Kena Covid-19. Kok Bisa Ya? / Credit: health.detik.com

Seseorang yang terinfeksi Covid-19 meski ia tidak keluar rumah sama sekali. Kemungkinan ia terpapar dari salah satu orang di rumahnya yang sering pergi ke luar. 

Untuk mencegahnya, kamu bisa meminta setiap anggota keluarga melakukan protokol kesehatan yang maksimal setelah bepergian dan hendak kembali ke rumah 

 

Ketika menerima paket 

Kiriman paket yang sudah banyak disentuh orang lain, sebaiknya ketika menerimanya, kamu harus segera bersihan paket tersebut. 

Sebelum menyentuh isi paket, pastikan mencuci tangan agar bersih dari kuman dan virus yang kemungkinan menempel di benda lain. Kemudian membuka plastiknya lalu  membuang bungkusannya ke tempat sampah yang tertutup. 

 

Kedatangan tamu keluarga 

Faktor terakhir yang menyebabkan kamu tertular adalah merasa keluarga adalah circle yang aman. Pasalnya, keluarga tidak serumah bisa saja menjadi agen atau pembawa dari virus Corona

Sebaiknya, ketika kedatangan tamu ke rumah, harus tetap menerapkan protokol kesehatan, mengenakan masker, dan mencuci semua peralatan makan dan minum yang telah digunakan. 

Setelah itu, bersihkan rumah setelah mereka pulang, meski terkesan berlebihan, namun lebih baik mencegah dibanding mengobati. 

 

 

Bagaimana Cara Lain Untuk Cegah Penularan Virus?

Di Rumah Terus, Tapi Kena Covid-19. Kok Bisa Ya? / Credit: pfimegalife.co.id

Selain menerapkan sejumlah tips di atas, seperti rutin membersihkan rumah yang juga dapat meminimalisir penularan virus corona. Pastikan kamu selalu menerapkan protokol kesehatan ya! Ini meliputi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. 

Lalu, terapkan pula gaya hidup sehat yang juga mampu menjaga imunitas tubuh. Ketika imun sudah dalam kondisi optimal, maka risiko penularan virus pun semakin berkurang, mengingat kekebalan tubuh lemah menjadi salah satu faktor tertular Covid-19. 

Gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan memerhatikan asupan gizi seimbang, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, kelola stres dengan baik, serta pastikan kamu mengonsumsi multivitamin setiap hari!

Terkait multivitamin, kamu direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang memiliki kandungan vitamin lengkap, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat jaga daya tahan tubuh kamu agar tak mudah sakit!

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg. Atau, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg! Keduanya memiliki manfaat yang sama, yaitu menjaga imunitas, terlebih bagi kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

 

 

Nah itulah 5 kemungkinan kamu terkena virus corona walau hanya di rumah terus menerus. Tetap terapkan protokol kesehatan, ya!

 

Featured Image - northwell.edu

Source - popmama.com