Wabah pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan besar-besaran pada sektor ekonomi dan bisnis. Tidak sedikit perusahaan terpaksa melakukan PHK, harga saham menurun, dan lain sebagainya. 

Disisi lain, banyak yang memanfaatkan kondisi ini untuk berinvestasi. Faktor keuangan di masa depan tentu menjadi pertimbangan utamanya. Selain itu, investasi penting untuk dilakukan guna membendung inflasi yang akan berefek pada nilai uang nantinya. 

Sudah ada niat untuk melakukan investasi, namun masih kesulitan memilih jenis investasi yang menguntungkan dan aman bagi pemula? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Tabungan 

Ingin Berinvestasi Selama Pandemi? 4 Jenis Ini Cocok dan Aman Dipilih! / Credit: fajarpendidikan.co.id

Menyimpan uang di rekening adalah salah satu jenis investasi yang bisa dibilang cukup aman saat pandemi Covid-19. Dengan menabung kamu bisa mendapatkan bunga per tahun dan tentunya minim resiko. 

Sayangnya jenis investasi ini cenderung pasif dan bunga yang didapat juga tidak sebanding dengan inflasi yang terjadi per tahunnya. 

 

Reksadana 

Ingin Berinvestasi Selama Pandemi? 4 Jenis Ini Cocok dan Aman Dipilih! / Credit: id.berita.yahoo.com

Investasi reksadana kamu tidak perlu khawatir untuk mengelola uang yang kamu  miliki karena sudah diatur oleh perusahaan reksadana. Uang yang telah terkumpul dari banyak investor akan diinvestasikan dalam sekuritas seperti saham, obligasi, dan utang jangka pendek. 

Jenis investasi ini terbagi menjadi empat; reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham. Yang paling minim resiko saat pandemi seperti ini adalah reksadana pasar uang. 

Dalam memilih perusahaan reksadana. Pastikan kamu mengetahui cara jasa penyedia reksadana tersebut mengembangkan uang dan harus tahu sejarah keuangannya. 

 

Peer-to-peer lending

Ingin Berinvestasi Selama Pandemi? 4 Jenis Ini Cocok dan Aman Dipilih! / Credit: acc.co.id

Selanjutnya adalah peer-to-peer (P2P) lending atau pinjaman P2P.  Jenis investasi ini cukup populer digunakan karena aman dan minim resiko saat pandemi.  

Dikutip dari Investopedia, P2P lending atau pinjaman sosial, memudahkan individu untuk mendapatkan pinjaman langsung dari beberapa individu lain, melalui perantara. Sehingga kamu bisa menentukan berapa banyak uang yang hendak diberikan sebagai modal, dan keuntungan dari bunga per tahun yang dibayarkan oleh peminjam modal. 

 

Obligasi 

Ingin Berinvestasi Selama Pandemi? 4 Jenis Ini Cocok dan Aman Dipilih! / Credit: idcloudhost.com

Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan sebagai bentuk pinjaman uang. Surat tersebut akan dibayarkan kembali dengan pokok utang dan juga bunga tetap atau kupon,  tetapi juga memiliki peluang untuk untung dari capital gain (selisih harga beli dan jual). 

Jenis investasi ini cukup aman, mesk butuh modal lebih besar dari reksadana, tetapi bunganya tidak terlalu besar. 

 

 

Featured Image - pikiran-rakyat.com

Source - orami.co.id