Tidak hanya orang dewasa, Covid-19 juga dapat menyerang anak-anak. Jadi, penting untuk menjalankan swab pada anak-anak, baik test swab biasa atau PCR (Polymerase Chain Reaction). Secara prosedur, test swab antigen pada anak sama saja seperti pada orang dewasa dan hasilnya lebih cepat dalam waktu 15 menit. 

Namun orang tua seringkali kesulitan mengajak anak untuk tes swab. Lantas bagaimana agar anak bisa diajak kerjasama demi keamanan bersama? Simak tips berikut.  

 

 

Harus Ajak Anak Tes Swab? Terapkan Tips Ini Biar No Drama! / Credit: jawapos.com

Beri penjelasan beberapa hari sebelumnya 

Hal yang perlu orang tua lakukan sebelum mengajak anak melakukan swab adalah memberi pengetahuan tentang apa itu tes swab dan bagaimana prosedurnya, karena anak ketika diajak ke tempat yang ia belum pernah datangi sebelumnya akan takut atau cemas duluan. 

Oleh karena itu, sempatkan memberikan pengertian dan persiapan yang baik akan mengurangi kecemasan sebelum pergi ke lokasi tes swab agar mencegah kecemasan pada anak. 

 

Jelaskan dengan video 

Untuk mengenalkan lebih jelas, orang tua bisa memberikan ilustrasi terkait cara kerja tes swab, seperti alat apa yang akan dimasukkan, seperti apa rasanya, dan berapa lama prosesnya. 

Selain itu, berikan gambaran juga seperti apa penampilan petugas. Bagi anak-anak yang terbiasa melihat wajah dokter atau perawat tentu terasa menakutkan karena di lokasi tes swab petugas mengenakan pelindung wajah dan badan lengkap. 

 

Harus Ajak Anak Tes Swab? Terapkan Tips Ini Biar No Drama! / Credit: halodoc.com

Memberikan arahan apa yang harus dilakukan 

Pada saat proses tes swab berlangsung, anak akan mengalami sesuatu yang tidak nyaman pada dirinya. Ketika alat dimasukkan ke hidung dan mulut, orang tua memberikan arahan padanya bahwa akan memeluknya atau menggendong anak di pangkuan, dengan punggungnya yang menempel ke dada.. Cara ini bertujuan agar ia merasa tenang dan tidak meronta-ronta. 

 

Ubah fokus anak 

Orang tua tahu bagaimana berusaha untuk mendapatkan perhatian anak ketika ia sedang asik bermain atau menonton TV. Namun, Kemampuan alami ini dapat berguna untuk mengubah cara manusia mengalami rasa sakit dan kesusahan. 

Jadi, cobalah minta anak memilih hal lain untuk difokuskan, seperti video, musik favorit, atau mainan khusus. Gunakan strategi ini sebelum dan selama prosedur tes swab antigen dilakukan, usap hidung untuk mencegah kecemasan yang merayap sebelum prosedur, untuk membuatnya lebih cepat dan mudah.

 

Berikan penghargaan atau pujian 

Banyak orang dewasa yang masih tidak nyaman lama setelah tes dilakukan, apalagi anak-anak. Setelah selesai melakukan tes swab, tidak ada salahnya orang tua boleh memberikannya pujian tulus. Seperti membelikan makanan atau mainan favoritnya. 

 

 

Itulah tips yang bisa dilakukan pada si Kecil yang harus tes swab. Dengan persiapan matang, tes pun bisa lancar dilakukan. 

 

Featured Image - nytimes.com

Source - popmama.com