Pubertas yang dialami anak remaja – seringkali dengan pertumbuhan yang signifikan. Ketika sang anak sedang memasuki masa pubertas, tentu membutuhkan nutrisi tertentu agar proses pubertasnya semakin maksimal.

Moms, apakah sang buah hati sedang memasuki masa pubertas? Tak usah khawatir akan perubahan yang terjadi ya – pastikan kamu sudah memberikan makanan yang seimbang dan telah mencakup berbagai nutrisi penting.

Perlu diketahui, nutrisi penting tak harus berasal dari sumber makanan saja – tapi, bisa dipenuhi melalui vitamin dengan kandungan lengkap. Lalu, apa saja nutrisi yang perlu dipenuhi di masa pubertas anak? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

 

Makanan Olahan Susu

Credit Image - travel.kompas.com

Anak remaja wajib mengonsumsi berbagai makanan olahan susu ya – dalam jenis makanan ini, ada dua nutrisi penting yang berperan besar dalam masa pubertas. Yang pertama, kalsium – yang berperan penting dalam membangun massa tulang selama masa perubahan ini.

Kemudian, kandungan vitamin D yang berperan untuk maksimalkan penyerapan kalsium. Kamu bisa berikan pada anak makanan seperti keju, yogurt, maupun makanan yang telah diperkata kalsium – seperti jus.

 

Sumber Makanan Kaya Protein

Makanan kaya protein juga penting dipenuhi selama masa pubertas anak. Protein – penting untuk pertumbuhan sel-sel, jaringan, dan otot. Umumnya, remaja memerlukan 46 gram protein – bagi perempuan, lalu 52 gram untuk anak laki-laki.

Berikan anak protein dalam bentuk sumber makanan sehat, seperti daging sapi tanpa lemak, daging unggas, ikan, makanan laut, kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, dan produk olahan susu. Sejumlah makanan tersebut – tentu mudah ditemui di mana saja ya, moms!

 

Makanan Tinggi Zinc dan Zat Besi

Credit Image - saga.co.uk

Tahukah kamu bahwa zat besi dan zinc – merupakan dua mineral yang punya peran penting dalam perkembangan anak, terutama di masa pubertasnya? Bahkan, kandungan sangat dibutuhkan anak perempuan, lho.

Hal ini dikarenakan gadis remaja kehilangan beberapa mineral saat menstruasi. Moms, bisa berikan sejumlah makanan kaya zinc dan zat besi – mulai dari daging tanpa lemak, makanan laut, telur, buah kering, keju, dan kacang-kacangan.

 

Nutrisi Penting Lainnya

Selain ketiga nutrisi penting di atas – anak remaja juga memerlukan lemak sehat untuk dukung pertumbuhan otaknya. Kamu bisa berikan makanan lemak tak jenuh, buah-buahan, dan sayuran. Tapi, pastikan sejumlah sumber tersebut mengandung kalium, magnesium, dan folat.

Kemudian, produk segar kaya karbohidrat yang dapat memberi energi tambahan pada remaja – sehingga, kebutuhan energinya tetap terpenuhi.

 

 

Optimalkan Masa Pubertas Anak, Berikan Multivitamin!

Tidak hanya memberikan sejumlah nutrisi di atas – tapi, moms juga bisa berikan multivitamin tambahan untuk dukung masa pubertas anak remaja. Untuk multivitamin yang direkomendasikan, kamu bisa berikan Enervon Active ya.

Enervon Active mengandung non acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat berikan energi agar tak mudah lelah. Selain itu, kandungan Vitamin C dalam Enervon Active – mampu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit!

Nah, itulah kelima nutrisi penting yang perlu diberikan pada anak selama masa pubertas. Apakah moms sudah berikan sumber makanan tersebut?

 

Featured Image - berkeluarga.id