Mengonsumsi vitamin secara rutin, merupakan salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh. Terlebih, di masa pandemi Covid-19 – kekebalan tubuh yang maksimal dapat bantu menghindari infeksi virus.

Tapi, terkadang tidak jarang orang merasa bingung – kapan harus minum vitamin? Sebagian ada yang mengatakan bahwa vitamin sebaiknya diminum di pagi hari. Dengan demikian, perlindungan imun tubuh makin maksimal, serta dapat peroleh energi untuk beraktivitas.

Namun, ada pula yang beranggapan bahwa sebaiknya vitamin diminum di malam hari – jadi, keesokan harinya tubuh terasa segar dan bugar. Kalau kamu memilih minum vitamin di waktu yang mana nih? Daripada bingung – dan menebak-nebak saja, kamu perlu mencari tahu kapan tepat minum vitamin.

Langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

 

 

Vitamin: Sebaiknya Di Minum Pagi atau Malam?

Credit Image - abcnews.go.com

Sebenarnya, vitamin diperbolehkan untuk dikonsumsi di kedua waktu tersebut – yaitu, pagi dan malam hari. Tetapi, ini bergantung pada jenis vitamin yang kamu minum ya. Jika kamu mengonsumsi multivitamin – ada baiknya dikonsumsi di pagi hari, setelah sarapan, atau sesudah makan siang.

Multivitamin sangat baik dikonsumsi di pagi hari – karena, vitamin merupakan zat yang baik diserap tubuh saat dikonsumsi bersama dengan makanan lainnya. Jadi, minum multivitamin di pagi hari dapat memaksimalkan penyerapan vitamin. Sudah pasti imun tubuh makin kuat kan?

Sementara, untuk vitamin yang larut dalam lemak – biasanya, baik diminum bersamaan dengan beberapa jenis makanan tertentu agar bisa diserap ke dalam tubuh. Adapun jenis vitamin larut lemak, yaitu vitamin A, D, E, dan K. Jenis vitamin ini baik diminum di pagi hari.

Bagaimana dengan vitamin larut air – seperti vitamin B Kompleks? Kedua vitamin ini tidak diwajibkan diminum bersamaan dengan makanan kok, bahkan bisa diminum kapan saja – baik pagi, siang, maupun malam hari.

 

Pilih Vitamin yang Sesuai Dengan Kebutuhan Ya!

Apakah kamu pernah mengalami kesulitan tidur setelah mengonsumsi multivitamin? Hal ini juga perlu kamu perhatikan ya – sebab, beberapa vitamin dapat menyebabkan kesulitan tidur. Kamu pun lebih mudah terbangun di malam hari.

Dilansir dari Hello Sehat – sebuah penelitian yang dipublikasikan di Sleep Medicine, ditemukan bahwa ada keterkaitan antara konsumsi multivitamin dengan kualitas tidur. Tapi, bukan berarti vitamin dapat menyebabkan masalah tidur ya. Namun, kalau jam tidurmu terasa terganggu karena konsumsi vitamin – mungkin lebih baik kalau kamu mengonsumsinya di pagi hari.

 

Vitamin Apa yang Direkomendasikan?

Credit Image - enervon.co.id

Masih bingung harus memilih vitamin seperti apa – yang juga dapat membantu jaga imun tubuhmu? Ada multivitamin yang direkomendasikan nih, yaitu Enervon-C! Tetapi, mengapa mesti Enervon-C ya?

Karena, multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – nah, sejumlah vitamin ini dapat menjaga daya tahan tubuh kamu biar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C – juga dapat bantu proses metabolisme, jadi tubuh bisa memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa bikin kamu makin produktif, lho!

Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang memiliki kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent dengan kandungan 1000 mg Vitamin C – bisa berikan perlindungan ekstra, terutama untukmu yang sudah banyak beraktivitas di luar rumah.

Tenang, multivitamin Enervon-C aman dikonsumsi setiap hari kok. Sebab, kandungan vitamin di dalamnya – merupakan jenis vitamin larut air. Sehingga, zat yang diperlukan akan diserap dengan baik oleh tubuh. Kemudian, zat yang tak diperlukan bakal dikeluarkan melalui urin.

Wah, bagaimana nih? Sekarang sudah nggak bingung lagi kapan harus minum vitamin – mau pagi atau malam hari, keduanya sama baiknya kok!

 

 

Featured Image - mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com