Selama pandemi kegiatan belajar dan mengajar dilakukan di rumah. Memang terasa cukup berat – terutama, bagi orangtua yang juga harus mendampingi anak belajar. Tapi, jika diambil sisi positifnya – orangtua bisa melihat tumbuh kembang anak secara baik. Ini juga berlaku pada kecerdasannya.

Dalam meningkatkan kecerdasan si kecil, orangtua dan keluarga – memiliki andil yang besar. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkannya. Selain membantu anak belajar di rumah, dengan cara mengatur waktu. Masih ada berbagai cara lainnya yang perlu diterapkan.

Apa saja cara lainnya untuk tingkatkan kecerdasan anak selama belajar di rumah? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Selalu Pantau Anak Selama Belajar

Credit Image - parenting.dream.co.id

Saat anak sedang melakukan belajar online, hindari meninggalkannya ya. Perhatikan keadaannya selama proses belajar. Bahkan, tidak ada salahnya – kamu membantu anak, ketika ia tidak memahami materi yang cukup sulit.

Kemudian, buatlah manajemen waktu saat anak belajar di rumah. Berikan pula pertanyaan setelah sesi onlinenya – kegiatan ini bisa memicu kreativitas mereka dengan belajar.

 

Batasi Waktu Menonton TV

Yang satu ini memang tantangan terbesar – selama anak belajar di rumah. Karena kegiatan di luar lebih terbatas, akibatnya waktu menonton tv anak lebih lama dari biasanya. Di lansir dari Liputan6 – beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak yang banyak menghabiskan waktu untuk nonton tv, kurang bisa memberikan performa terbaik ketika belajar.

Untuk itu, ajak anak untuk melakukan kegiatan lainnya – misalnya, untuk belajar, membaca buku, atau mengobrol bersama keluarga. Selain itu, orangtua juga dapat mengajaknya melakukan permainan edukatif.

 

Buat Anak Merasa Nyaman

Credit Image - kompas.com

Orangtua disarankan untuk menerapkan pola asuh otoritatif – yang dapat memberikan kebebasan bagi anak untuk berkreasi dan mengeksplorasi lingkungannya, tapi tetap dalam pengawasan dari orangtua ya.

Jika sebelumnya, orangtua disarankan membuat manajemen waktu untuk belajar anak – kamu juga bisa terapkan metode pembelajaran yang seru dan nyaman. Hal ini bisa diterapkan dengan belajar sembari bercerita, atau menonton film edukatif.

 

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Untuk mendukung kecerdasan anak – selama ia belajar di rumah, pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan nutrisinya. Selain baik untuk perkembangan kecerdasannya – nutrisi yang tepat dapat bantu jaga daya tahan tubuh si kecil.

Berikan buah dan sayuran untuk mencukupi nutrisi, termasuk vitamin. Sebagai pelengkap, kamu juga dapat berikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk si kecil. Namun, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol. Sejumlah vitamin ini penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak, lho.

Selain itu, Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tambuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Itulah empat tips efektif yang bisa kamu lakukan untuk tingkatan kecerdasan anak saat belajar di rumah. Apakah kamu sudah menerapkannya, moms?

 

 

Featured Image - mymilk.com