Di masa pandemi, kamu pasti lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Wah, kesempatan ini perlu kamu gunakan dengan melakukan berbagai hal yang bermanfaat nih! Dari sekian banyaknya kegiatan menarik – kamu bisa memilih untuk bercocok tanam, lho.

Selain dapat mengisi waktu dengan aktivitas positif – bercocok tanam juga baik untuk membantu lingkungan. Nah, kamu bisa memulai dengan menanam bahan makanan, seperti sayuran. Dijamin, kamu pasti nggak sabar untuk menunggu hasil panen!

Tapi, kira-kira bahan makanan apa saja yang cocok ditanam – serta, tidak memerlukan waktu yang lama untuk tumbuh? Biar nggak makin penasaran, simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya.

 

 

Kentang

Credit Image - haibunda.com

Yang pertama, kamu bisa memilih kentang – untuk ditanam di rumah. Ketika menanam kentang, pastikan sudah memilih lokasi yang terkena sinar matahari, selama minimal 8 jam dalam sehari. Lalu, rawat dan beri perhatian intensif selama proses pertumbuhannya ya.

Nah, setelah kentang siap panen – biasanya, tanamannya akan mulai layu dan mati. Idealnya kentang bisa dipanen ketika berumur 3 sampai 4 bulan. Tapi, hindari langsung mencuci kentang setelah dipetik – kamu cukup bersihkan umbi dari tanah dan masukkan ke dalam karung.

 

Bayam

Kamu pecinta sayur bayam? Kalau begitu, kamu bisa menanamnya di rumah saja, lho! Nggak memerlukan waktu yang lama – bayam sudah bisa tumbuh sekitar 4-5 minggu, lalu dapat segera dipanen.

Awal masa tanam bayam yang baik, yaitu saat musim hujan – agar bayam dapat memperoleh ketersediaan air yang cukup. Untuk menanamnya, tebar biji bayam dan sirami secara rutin. Dan, voila! dalam waktu satu bulan bayam sudah siap panen.

 

Selada

Credit Image - plantgardener.com

Kemudian, ada pula selada – termasuk tanaman yang paling mudah ditanam. Sayuran satu ini menyukai tanah yang lembap, dan sulit untuk tumbuh ketika disemai pada media yang panas. Nah, selama proses pertumbuhannya – siram selada dengan hati-hati, karena daunnya cenderung rapuh.

 

Daun Bawang

Selain mudah ditanam, daun bawang juga sangat serbaguna dan bisa tumbuh di iklim apa saja, lho. Untuk kamu yang punya halaman luas maupun kecil – kamu tetap bisa menanam sayuran yang satu ini kok.

Agar proses pertumbuhannya lebih baik, pastikan untuk menyiram daun bawang secara rutin. Lalu, beri jarak antar tanaman sekitar 6-9 cm terpisah.

 

Kacang Polong

Credit Image - beritagar.id

Sayuran yang satu ini juga mudah ditanam di tempat dengan iklim yang berbeda-beda. Selama cuacanya sejuk dan terkena sinar matahari – kacang polong bisa bertumbuh dengan baik. Tapi, kalau cuaca lagi nggak menentu – seperti sekarang ini, sebaiknya kamu tanam dahulu di dalam ruangan, sebelum akhirnya dipindahkan ke luar ya.

Tebarkan biji kacang polong di tanah dan sirami secara teratur. Nanti kalau tanaman sudah tumbuh tinggi, kamu perlu memasang pancang pada tanaman – biar batangnya bisa tersokong dengan baik. Untuk waktu panen, kacang polong membutuhkan 2-3 bulan.

Nah, itulah kelima sayuran yang bisa kamu tanam di rumah – bahkan, hanya memerlukan waktu singkat untuk panen. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

 

 

Featured Image - berkeluarga.id