Panggilan wawancara kerja merupakan hal yang paling ditunggu- tunggu bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan. Banyaknya lamaran yang kamu kirimkan tentunya memberi kemungkinan bentroknya jadwal wawancara kerja.

Sebagai pemburu kerja, tentunya kamu ingin untuk mengikuti semua rangkaian seleksi. Tetapi, jika ada jadwal yang bersamaan, kamu harus memilih salah satu atau memberikan alasan kepada perusahaan.

Ketika kamu berhalangan untuk datang wawancara kerja, kamu dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Beri Kabar pada Pihak Perusahaan

Credit: Hipwee

Walaupun tidak dapat menghadiri wawancara kerja sesuai jadwal yang telah ditetapkan, sebaiknya kamu memberi konfirmasi kepada pihak perusahaan atas ketidakhadiran kamu. Karena, perusahaan tentunya sudah memiliki perencanaan dan persiapan untuk rangkaian wawancara yang akan diadakan.

Selain itu, pihak perusahaan akan lebih menghargai dan menghormati atas upaya dalam memberi kabar serta konfirmasi ketidakhadiran kamu. Langkah ini juga penting untuk menjaga nama baikmu serta menghindari tindakan blacklist yang sering dilakukan oleh pihak perusahaan.

2. Jelaskan Alasanmu Berhalangan dengan Baik

Credit: Liputan6

Konfirmasi ketidakhadiran saja tentu tidak cukup. Sertakan alasan yang kuat dan jelas mengapa kamu tidak bisa hadir di hari yang telah ditentukan. Dengan begitu, kamu akan lebih dihargai dan dinilai mampu bertindak secara professional.

3. Ajukan Jadwal Ulang Wawancara

Credit: Hipwee

Setelah memberi konfirmasi dan alasan yang jelas, ada baiknya tanyakan kemungkinan untuk penjadwalan ulang wawancara kerja. Hal ini wajar dilakukan, terutama jika kamu berhalangan karena alasan yang kuat, seperti sedang sakit atau ada keperluan yang sangat penting.

Permintaan penjadwalan ulang juga akan membuat perusahaan mempertimbangkan kamu sebagai calon karyawan yang memiliki kemauan besar dan pantang menyerah.

Saat mengajikan penjadwalan ulang, sebaiknya kamu menyarankan beberapa waktu yang bisa kamu luangkan.  Dan selalu ingat untuk menggunakan kata- kata sopan serta tidak bertele- tele.

4. Manfaatkan Kesempatan dengan Baik

Credit: Liputan6

Jika permohonan jadwal ulang yang kamu ajukan telah disetujui oleh perusahaan, manfaatkanlah kesempatan tersebut dengan baik.

Toleransi yang telah diberikan jangan disia-siakan dan kamu tentunya harus berkomitmen dengan permohonanmu sebelumnya. Usahakan untuk datang pada kesempatan kedua yang perusahaan berikan.

Utamakan Etika

Segala rangkaian seleksi yang dilaksanakan oleh pihak perusahaan merupakan ajang penilaian terhadap para pencari kerja. Oleh sebab itu, baik dalam proses wawancara kerja ataupun rangkaian seleksi lainnya, selalu junjung tinggi etika dan sopan santun.

Tidak hanya agar dinilai baik oleh perusahaan, tetapi juga untuk menunjukkan kamu adalah orang yang berkomitmen dan berkualitas serta layak untuk mendapatkan posisi yang ditawarkan perusahaan.

 

Featured Image - Tribunnews