Setiap anak – baik anak sulung, tengah, dan bungsu pasti memiliki keunikannya masing-masing. Tetapi, sifat dan perilaku anak bisa dipengaruhi oleh urutan kelahiran tersebut, lho. Misalnya, kalau anak bungsu – mungkin lebih dimanjakan oleh orangtua. Namun, hal ini tentu berbanding terbalik dengan anak sulung.

Menurut berbagai sumber, biasanya anak sulung cenderung memiliki sikap kepemimpinan yang kuat. Ini dibuktikan dari sifat berani dalam mengambil keputusan – serta, memiliki kendali lebih. Selain itu, anak sulung juga terbiasa dalam merawat orang lain ketika dibutuhkan.

Nah, sebelum memasuki bahasan soal anak sulung – agar pertumbuhan si kecil makin maksimal, selalu penuhi kebutuhan nutrisinya ya. Salah satunya dengan memberi multivitamin, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Multivitamin Enervon-C Plus Sirup mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat dukung pertumbuhannya, sekaligus menjaga imunitas tubuh!

 

 

Terbilang cukup unik ya sifat anak sulung? Selain beberapa hal di atas, anak sulung – juga punya berbagai sifat lainnya nih. Apa saja?

Ini dia ulasan lengkapnya, moms.

 

Lebih Mandiri

Credit Image - mommyasia.id

Anak sulung cenderung memiliki sifat yang lebih mandiri, lho. Biasanya, mereka dapat lebih terbiasa untuk tumbuh dengan sendiri – terlebih, anak laki-laki. Ketika punya adik, perhatian orangtua akan terbagi. Jadi, anak sulung memilih untuk menghabiskan waktu dan bermain sendiri.

 

Memegang Kendali

Dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Child Development menemukan bahwa anak sulung lebih mudah dalam menyesuaikan diri. Umumnya, mereka suka memberontak – dan lebih suka memegang kendali atas segala hal.

Selain itu, anak pertama juga cenderung menyukai petualangan nih. Apakah si sulung juga begini, moms?

 

Jadi Andalan Keluarga

Credit Image - brilio.net

Yang satu ini, pasti sudah diketahui banyak orang. Ya, anak sulung – pasti akan menjadi andalan keluarganya, baik laki-laki maupun perempuan. Hal ini karena anak pertama – memiliki sifat mandiri, serta kepemimpinan. Dan, dalam urusan pekerjaan atau apapun – anak sulung pasti sangat jarang mudah menyerah untuk menjaga nama baik di keluarga.

 

Cenderung Cerewet

Kamu setuju nggak, moms? Si sulung pasti cenderung lebih cerewet dibanding adik-adiknya. Ini karena perannya sebagai kakak – jadi, anak sulung terbiasa memberikan nasihat serta mengajarkan adiknya. Nah, selain itu – anak sulung juga memiliki kepekaan yang tinggi, lho! Mereka pun tahu kalau keluarganya sedang tidak baik.

 

Pendengar yang Baik

Credit Image - ibudanbalita.com

Faktanya, anak sulung merupakan pendengar yang baik. Umumnya, mereka sudah terbiasa mendengarkan curhatan maupun cerita dari orang-orang sekitarnya. Mulai dari ibu, bapak, adik, hingga saudara.

Anak sulung kerap jadi tempat ‘bercerita’ banyak orang – karena, mereka bisa dipercaya dan mampu memberikan nasihat yang baik. Membantu dan mendengarkan jadi salah satu keistimewaan yang dimiliki.

 

Suka Mengalah

Dalam menjaga keutuhan keluarga dan hubungan dengan adik – biasanya anak sulung cenderung suka mengalah, lho. Hal ini dilakukan biar tidak ada perselisihan dalam keluarga. Jadi, anak pertama sudah terbiasa mengalah dan menerima keadaan.

Selain itu, mereka juga dilatih dalam menjaga emosional – agar keharmonisan dengan adik dan keluarga pun tetap terjaga.

 

Anak Sulung Perempuan, Punya Sifat Keibuan Tinggi

Credit Image - kumparan.com

Siapa yang nggak menyangka – kalau anak sulung perempuan memiliki sifat keibuan yang tinggi? Ya, ini fakta lho! Anak pertama cewek sudah terbiasa merawat adik-adiknya, bahkan bisa sampai menggantikan peran ibu – mulai dari memasak hingga mengurus urusan rumah tangga.

Kegiatan tersebutlah yang akhirnya menumbuhkan sifat keibuan pada anak sulung perempuan.

Nah, itulah ketujuh faktanya! Apakah si sulung juga memiliki berbagai sifat di atas, moms?

 

 

Featured Image - pantau.com