Setiap manusia pasti menginginkan hidupnya makin berkembang – menjalani kegiatan yang berada di zona nyaman, terkadang terasa membosankan. Untuk itu, nggak ada salahnya lho mencoba self improvement!

Agar dirimu menjadi pribadi yang lebih baik dan produktif – meningkatkan kualitas diri merupakan salah satu cara yang paling ampuh. Nah, tapi biar dirimu makin produktif – optimalkan dengan berbagai hal lainnya, seperti dari asupan makanan hingga rutin mengonsumsi multivitamin!

Yup, rutin mengonsumsi multivitamin dapat bantu Enervon Active pilihan tepat untukmu!

Enervon Active mengandung non acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat bantu jaga daya tahan tubuh – sekaligus meningkatkan staminamu agar tak mudah lelah untuk beraktivitas seharian.

 

 

Masih membahas soal self improvement – cara apa saja yang bisa dilakukan untuk bantu diri menjadi pribadi yang lebih berkualitas?

Berikut ini 6 tips yang bisa kamu terapkan!

 

Yuk, Kembangkan Hobimu

Credit Image - nova.grid.id

Mengembangkan hobi – dan aktivitas yang kamu sukai tentu menyenangkan ya. Cara ini dapat bantu mengekspresikan emosi, sekaligus memberi motivasi dalam mengembangkan skill, lho. Dalam kata lain – terus mendalami hobi juga bentuk dari self improvement.

Apakah kamu suka fotografi? Menulis? Atau bermain game? Apapun hobi kamu – yuk coba kembangkan dan isi waktu luangmu dengan berbagai kegiatan positif!

 

Tujuan Realistis – Penting Dimiliki!

Salah satu hal yang membuat diri bersemangat dalam menjalani hidup – yaitu dengan menentukan goals. Memiliki tujuan yang pasti dapat membuatmu merasa lebih berprestasi – apalagi, tiap kali berhasil mencapai suatu goal.

Tapi perlu kamu ingat nih – dalam menentukan tujuan hidup, harus mementingkan aspek realistis ya. Goals yang ingin kamu capai harus jelas, bijak, dan berbasis waktu yang memang memungkinkan untuk dicapai.

 

Kuatkan Growth Mindset

Credit Image - sehatq.com

Dalam menerapkan self improvement – menguatkan pola pikir growth mindset juga penting, lho. Hal ini merujuk pada keyakinan bahwa kamu mampu untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas diri. Selain itu, growth mindset – akan membantumu menerima kegagalan yang bisa saja terjadi.

Pola pikir growth mindset bisa dikuatkan dengan mengantisipasi tantangan-tantangan yang mungkin muncul. Jadi, ketika menentukan tujuan – kamu juga perlu memikirkan risiko yang dapat terjadi selama proses pengembangan diri.

 

Kegagalan Bukan Akhir Segalanya Kok

Selama proses self improvement – tentu, adakalanya kau gagal dalam meraih tujuan tertentu. Kondisi ini kerap memengaruhi kondisi psikologis. Tapi ingatlah, bahwa kegagalan bisa terjadi karena berbagai faktor.

Hindari menyalahi diri sendiri ketika gagal – dan, coba lihat dari pandangan yang berbeda. Misalnya, gagal mendapatkan suatu pekerjaan – anggaplah ada suatu kesempatan baik lainnya yang sedang menunggumu.

 

Belajar Menerima Feedback

Credit Image - vice.com

Kritik maupun feedback dari orang lain bermanfaat untuk self improvement, lho. Dari saran tersebut, kamu bisa mendapat masukan positif – sekaligus membangun. Ini bisa dijadikan acuan untuk semakin jadi pribadi yang lebih baik lagi.

 

Jangan Lupa Berbuat Baik

Melakukan kebaikan pada orang lain – nggak hanya bermanfaat untuk orang yang menerima kebaikanmu, namun sebagai pemberi pun kamu ikut merasakan dampak baiknya. Misalnya, ketika kamu berempat terhadap kebutuhan orang lain – sifat empati dalam dirimu dapat membuatmu semakin bahagia. 

Wah, bagaimana nih? Dari beragam tips self improvement di atas – apakah kamu ingin segera menerapkannya?

 

 

Featured Image - cermati.com