Sejak awal pandemi berlangsung – beragam informasi palsu alias hoax, terutama yang terkait dengan cara pencegahan dan membunuh virus corona terus menyebar luas. Bahkan, sampai saat ini – informasi terkait masih terus bermunculan.

Tak jarang pula banyak orang yang juga tetap mempercayai informasi palsu tersebut – padahal, hoax yang beredar bisa saja tidak memberikan efek apapun, atau mungkin justru berbahaya bagi kesehatan diri.

Lalu, apa saja hoax terkait cara mencegah virus corona – yang masih sering beredar? Berikut ini ulasannya.

 

 

Bawang Putih Bisa Cegah Covid-19

Credit Image - chopra.com

Di awal Covid-19 mewabah di Indonesia – sempat beredar informasi yang mengatakan bahwa konsumsi bawang putih bisa mencegah infeksi virus tersebut. Namun sayangnya, hal ini belum bisa dibuktikan kebenarannya. Makan bawang putih memang tidak berbahaya – tapi, tetap tidak boleh berlebihan ya!

 

Minum Air Putih Setiap 15 Menit, Ampuh Untuk Basmi Virus

Kemudian, hoax yang kerap beredar di media sosial – yaitu, rekomendasi minum air putih setiap 15 menit. Hal ini dilakukan untuk membasmi virus yang kemungkinan menempel pada rongga mulut. Tapi, informasi ini tidak benar.

Hoax soal membunuh virus corona ini sudah dibantah oleh seorang Profesor dari Oxford University. Ua mengatakan tidak ada mekanisme biologi yang mendukung bahwa minum air putih dalam waktu tertentu bisa membasmi virus.

 

Virus Corona: Dapat Dibunuh dengan Mandi Air Panas

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Ada pula yang mengatakan bahwa mandi air panas bisa membunuh virus yang menempel pada tubuh. lagi-lagi informasi ini tidak benar. Mandi air panas – tidak dapat menghilangkan virus. Ketika Covid-19 berhasil masuk ke tubuh – hanya antibodi yang bisa melawannya, bukan mandi dengan air panas.

 

Air Kelapa dan Jeruk Nipis – Ramuan Untuk Tangkal Virus

Selain itu, hoax mengenai ramuan yang disebut bisa membasmi Covid-19 pun terus beredar. Dikatakan bahwa dengan mencampurkan air kelapa, jeruk nipis, dan sedikit garam – maka virus corona pun bisa mati dalam waktu singkat.

Namun, dikuti dari website covid19.go.id – informasi ini sudah dipastikan palsu. Meskipun kedua bahan tersebut memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, namun tak ada bukti ilmiah bahwa ramuan ini bisa membasmi virus corona.

 

Virus Corona bisa Mati Dengan Berjemur

Credit Image - hellosehat.com

Yang terakhir, sebuah informasi mengatakan kalau cuaca hangat dan sinar UV – bisa membunuh virus. Namun, hal ini ternyata tidak sepenuhnya benar. Berjemur memang dapat meningkatkan imunitas – tetapi, bukan untuk membasmi virus.

Selain itu, informasi ini mungkin dapat berbahaya – terutama jika berjemur di waktu yang kurang tepat. Sebab, paparan sinar matahari dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan kulit, rasa terbakar, hingga risiko kanker kulit.

 

Covid-19: Cara Tepat Mencegahnya

Credit Image - alodokter.com

Mencegah virus corona bukanlah dengan menerapkan kelima cara di atas – melainkan, mematuhi protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas.

Selain itu, pastikan kamu selalu menjaga kesehatan tubuh – dengan menerapkan pola hidup sehat. Kebiasaan ini dapat dimulai dengan mengonsumsi asupan makanan bergizi, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, serta menghindari stres.

Optimalkan pola hidup sehatmu dengan mengonsumsi suplemen vitamin C secara rutin. Sebagai rekomendasi tepat – kamu bisa minum multivitamin Enervon-C setiap hari, yang dapat bantu pelihara kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Bagi kamu yang ingin perlindungan ekstra – bisa minum Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Yuk, selalu terapkan upaya perlindungan – agar diri dan keluarga tetap terlindungi dari ancaman virus corona.

 

 

Featured Image - br.de

Source - detik.com