Seperti diketahui – memiliki mendapat istirahat yang cukup dapat berdampak pada menurunnya imunitas. Bahkan, tidur juga diklaim bisa memengaruhi efektivitas vaksin, lho.

Dilansir dari Kompas, untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari vaksin Covid-19 – masyarakat disarankan tidur berkualitas, baik sebelum dan sesudah vaksinasi. Tapi, apa kaitan di antara keduanya? Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

Efektivitas Vaksin: Dibantu Dengan Tidur Berkualitas

Credit Image - halodoc.com

Tidur cukup dan berkualitas – ternyata, memiliki kaitan erat dengan daya tahan tubuh, termasuk pada orang yang akan disuntik vaksin. Dari sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2021 – menunjukkan, orang yang memiliki jam tidur teratur, terbukti dapat merespons vaksin lebih baik. Ini dibuktikan melalui orang yang disuntik vaksin hepatitis B.

Ahli mengamati 125 peserta pria dan wanita, yang berusia 40-60 tahun. Mereka telah diberikan vaksin hepatitis B sebanyak tiga dosis. Kemudian, dari waktu tidur masing-masing – dapat disimpulkan bahwa orang yang kurang tidur, menghasilkan respons antibodi lebih sedikit. Sementara, peserta yang memiliki waktu tidur baik dan teratur – menunjukkan hasil antibodi yang cukup signifikan.

Tidur lebih dari enam jam dapat meningkatkan memori imunologis alias kemampuan kekebalan tubuh – dalam mengenali dan mengingat patogen tertentu setelah vaksinasi. Jadi, dalam kasus vaksin Covid-19 – tidur pun berperan besar dalam optimalkan kerjanya.

 

Apa Langkah yang Perlu Dilakukan?

Credit Image - timesindonesia.co.id

Ahli menyarankan orang yang akan disuntik vaksin, termasuk Covid-19 atau influenza – perlu mendapatkan tidur yang baik dahulu, setidaknya lebih dari enam jam. Lakukan hal ini sekitar dua malam sebelum hari vaksinasi.

Kemudian, untuk meminimalkan efek samping vaksinasi dan mengoptimalkan respons imunitas – setiap peserta vaksin juga harus tidur yang cukup setelah vaksin.

Secara garis besar – tidur yang cukup memang memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan, termasuk kekebalan tubuh. Tapi, pastikan kebiasaan baik ini dibarengi dengan berbagai gaya hidup sehat lainnya.

 

Pola Hidup Sehat Lainnya, Juga Perlu Diterapkan

Credit Image - review.bukalapak.com

Agar kesehatan semakin terjaga – tidak hanya perlu miliki jam tidur berkualitas, tapi kamu perlu imbangi dengan hal lainnya. Seperti, menjalani pola makan sehat, olahraga teratur, hingga hindari atau kelola stres secara baik.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk rutin mengonsumsi suplemen maupun multivitamin – terlebih, yang punya kandungan vitamin C! Tapi, suplemen seperti apa yang direkomendasikan?

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C – yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat. Deretan vitamin ini dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Bagimu yang ingin perlindungan ekstra, dapat konsumsi Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi – yaitu, 1000 mg sekaligus dapat berikan rasa segar!

Dari penjelasan di atas – pastikan kamu memperoleh tidur yang berkualitas, baik sebelum dan sesudah vaksin. Lalu, imbangi dengan gaya hidup sehat lainnya – yang dapat optimalkan kesehatan tubuh.

 

 

Featured Image - mediaindonesia.com

Source - kompas.com