Ketika kamu akan jatuh sakit, tubuh biasanya akan memberikan tanda- tanda tertentu yang membuatmu terkadang tidak nyaman. Jika kamu dapat mencermati tanda- tanda tersebut, maka kamu pun bisa melakukan beberapa pencegahan agar akhirnya tidak jatuh sakit.

Berikut beberapa tanda- tanda jika kamu akan sakit, yang perlu diperhatikan:

1. Penurunan nafsu makan

Credit: Jawapos

Jika kamu menjadi malas untuk makan tanpa alasan yang jelas, bisa jadi hal ini adalah tanda adanya gangguan pada pencernaan atau kamu akan segera terserang flu. Perubahan nafsu makan ini juga bisa disebabkan oleh tidak terpenuhinya kebutuhan nutrisi pada tubuhmu.

2. Nafas dari mulut terasa lebih panas dari biasanya

Credit: Hipwee

Salah satu tanda lainnya ketika kamu akan sakit adalah ketika nafas yang keluar dari mulut cenderung terasa lebih panas dari biasanya. Jika kamu sudah mengalami hal ini, sebaiknya segera meminum vitamin tambahan seperti vitamin C atau minum air yang dicampur dengan madu. Dan jika hal ini dibiarkan, maka kemungkinan sistem kekebalan tubuhmu akan semakin menurun serta kamu bisa terkena demam.

3. Sakit tenggorokan

Credit: Jawapos

Jika tenggorokanmu terasa tercekat atau sakit saat menelan air ludah dan makanan, maka hal ini menandakan akan munculnya radang tenggorokan atau flu. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk mengonsumsi air hangat yang dicampur dengan madu dan lemon, agar sistem kekebalanmu bisa meningkat. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan gorengan yang bisa memperburuk radang pada tenggorokan.

4. Rasa ngilu pada tulang dan persendian

Credit: Hellosehat

Jika tulang dan persendianmu mulai terasa ngilu, hal ini biasanya menandakan masalah flu atau gangguan pada pencernaan. Jika rasa ngilu ini disertai dengan rasa capek yang luar biasa, ada baiknya kamu segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter. Karena, hal ini bisa jadi menandakan adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

5. Pegal pada kaki

Credit: Topmedia

Tidak hanya karena aktifitas padat dan berat, kaki yang pegal- pegal juga bisa menandakan adanya gangguan pencernaan atau masalah yang disebabkan karena kebiasaan makan tidak teratur, diet ketat, atau kurang memenuhi asupan nutrisi harian.

 

Featured Image - Hello Sehat