Virus corona masih terus mewabah di Indonesia – tak jarang, kondisi ini kerap membuat banyak orang khawatir, termasuk anak-anak. Sebenarnya, orangtua perlu menjelaskan mengenai pandemi Covid-19 pada si kecil.

Namun sayangnya, masih banyak orangtua yang justru menghindari percakapan soal virus corona – terutama, ketika sang anak bertanya. Hal ini biasanya dilakukan untuk melindungi anak-anak. Padahal, si kecil juga perlu mendapat informasi mengenai Covid-19, lho.

Dengan demikian – ia pun tidak merasa takut berlebihan, serta mau menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, moms. Nah, biar nggak salah langkah dalam menyampaikan informasi mengenai virus corona pada anak – yuk, ketahui do and don’t’s nya!

Simak ulasan lengkapnya sampai habis ya, moms.

 

 

Beri Tahu Anak Soal Covid-19

Credit Image - klikdokter.com

Umumnya, anak usia sekolah sudah memahami – mengenai apa saja yang akan diajari oleh orangtua. Untuk itu, moms bisa menjelaskan secara terbuka dan jujur agar anak merasa lebih waspada terhadap diri dan sekitarnya.

Mulai dengan menjelaskan apa itu virus corona – dan beri tahu pula alasan mengapa virus ini berbahaya. Lalu, biarkan anak memberi pertanyaan ya. Tapi, kamu tetap perlu berhati-hati – pastikan informasi yang diberikan pada anak sudah terbukti kebenarannya.

 

Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Agar informasi yang kamu berikan dapat dimengerti oleh anak – sebaiknya gunakan bahasa yang mudah dipahami ya! Cobalah untuk menjelaskan informasi Covid-19 menggunakan visual yang menyenangkan, misalnya dalam bentuk kartun maupun animasi.

 

Ajari Menerapkan Protokol Kesehatan

Credit Image - klikdokter.com

Salah satu cara untuk memerangi virus corona, yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan 5M – ini meliputi memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Jadi, pastikan anak juga memahami soal protokol kesehatan ini ya, moms.

Selain itu, beri tahu anak untuk menjalani hidup sehat – agar imunitas tubuh semakin terjaga. Caranya, berikan si kecil asupan makanan bergizi, ajak ia rutin melakukan aktivitas fisik, hingga perhatikan jam tidurnya. Lalu, moms juga dapat optimalkan kesehatan tubuh anak dengan memberinya multivitamin, lho – seperti Enervon-C Plus Sirup. Mengapa demikian?

Enervon-C Plus Sirup mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya, sekaligus menjaga daya tahan tubuh si kecil.

 

Hindari Panik Berlebihan

Dilansir dari Pop Mama – anak cenderung lebih sensitif terhadap kecemasan yang dialami orangtua. Jadi, moms sebaiknya tidak terlalu panik dan tetap optimis ya. Karena, ketika kamu merasakan cemas – maka si kecil pun akan merasa hal serupa.

 

Beri Tahu Mengenai Tanggapan Pemerintah

Credit Image - klikdokter.com

Kamu juga bisa memberi tahu anak mengenai tanggapan pemerintah dalam memerangi virus corona. Seperti, mulai dari melakukan berbagai langkah pencegahan – menutup sekolah dan kantor, menguji vaksinasi, serta menyiapkan protokol kesehatan.

Dengan memberi tahu anak soal tanggapan pemerintah ini, anak dapat merasa lebih tenang dalam menghadapi pandemi.

Nah, itulah kelima do and don’ts yang perlu kamu terapkan – ketika menginformasikan soal Covid-19 pada anak. Apakah kamu sudah melakukan cara di atas, moms?

 

 

Featured Image - educenter.id

Source - popmama.com