Saat ini, berbagai aktivitas – termasuk kerja di kantor sudah mulai berjalan kembali. Meski demikian, ancaman virus Covid-19 masih terus mengintai. Tak jarang, penularan virus corona terjadi di lingkup perkantoran.

Kondisi tersebut pun menimbulkan sejumlah pertanyaan – tetapi, yang paling sering adalah “setelah kontak erat dengan pasien Covid-19 ternyata hasil PCR atau Antigen negatif, apakah boleh segera masuk kerja lagi dan beraktivitas seperti biasa?”

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini ulasannya.

 

 

Pastikan Kamu Termasuk Kontak Erat

Credit Image - news.detik.com

Kontak erat, yaitu seseorang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi maupun probable Covid-19. Adapun bentuk kontak yang dimaksud, yaitu:

  • Tatap muka atau berdekatan dalam radius 1 meter selama 15 menit atau lebih.
  • Adanya sentuhan fisik langsung, seperti bersentuhan, pegangan tangan, dan berpelukan.
  • Berbagi alat makan dan minum.
  • Orang yang positif batuk atau bersin sehingga droplet dapat masuk ke saluran napas.

Seseorang dapat dianggap sebagai kontak erat – jika melakukan kontak dengan pasien Covid-19 dalam kurun waktu, berikut ini:

  • Dengan pasien bergejala, yaitu selama 2 hari sebelum gejala muncul hingga waktu pasien telah diisolasi.
  • Sementara, jika kontak dengan pasien tanpa gejala – yaitu, dalam waktu 2 hari sebelum tes PCR dengan hasil positif pertama, sampai waktu pasien telah diisolasi.

 

Dipastikan Kontak Erat, Apa yang Harus Dilakukan?

Credit Image - lifepack.id

Kalau kamu sudah dipastikan sebagai kontak erat dengan pasien Covid-19 di kantormu – kamu mesti segera melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Kalau dalam kurun waktu tersebut tidak ada gejala yang ditimbulkan – maka karantina bisa selesai.

Sementara, jika dalam masa isolasi 14 hari ada gejala yang timbul. Maka kamu termasuk dalam kasus suspek – dan dianjurkan untuk segera berobat, serta melakukan tes PCR maupun Antigen.

Kamu dianjurkan melakukan tes PCR paling cepat setelah hari ke-5 setelah kontak erat. Karantina mandiri pun dapat selesai minimal 7 hari – dengan catatan, hasil tes negatif atau tidak ada gejala sama sekali.

 

Hasil Tes Negatif, Boleh Segera Balik Beraktivitas?

Credit Image - bmz.de

Jadi untuk menjawab pertanyaan di atas – bolehkah segera masuk kantor lagi atau beraktivitas kembali, setelah mendapati hasil tes negatif? Tidak dianjurkan. Sebab, karantina mandiri idealnya perlu dilakukan selama minimal 14 hari.

Ada opsi yang bisa dilakukan, yaitu menyelesaikan karantina mandiri paling cepat 7 hari. Tapi, ini hanya berlaku bagi kamu yang memiliki hasil tes PCR maupun Antigen negatif – atau tidak mengalami gejala apapun.

Untuk menghindari terinfeksi Covid-19, pastikan kamu sudah menerapkan protokol kesehatan 5M – yaitu, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Kemudian, jalani hidup sehat – dimulai dari menerapkan pola makan sehat, istirahat yang cukup, serta rutin melakukan aktivitas fisik atau berolahraga. Dan, lengkapi hidup sehatmu dengan minum suplemen vitamin C setiap harinya.

Kamu dapat meminum Enervon-C yang memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

 

 

Featured Image - escape.com.au

Source - instagram.com/@adamprabata