Ketika kita sudah tidak lagi menikmati pekerjaan yang dijalani, salah satu saran yang sering diterima adalah resign atau keluar dari pekerjaan tersebut. Tetapi, terkadang hal itu tidak bisa langsung dilakukan. Kita memang sudah merasa jenuh dengan pekerjaan tersebut, ingin resign tapi masih ragu- ragu.

Alasan di balik perasaan ragu yang muncul ini bisa karena berbagai hal dan faktor. Berbagai situasi dan kondisi bisa mendasari keraguan yang muncul untuk resign padahal sudah sangat tidak nyaman dengan pekerjaan yang dijalani. Seperti karena hal-hal berikut ini:

1. Tidak Tahu Awal Mula Munculnya Rasa Jenuh Itu

Credit: Jawapos

Pada intinya kamu masih merasa bingung. Kamu tidak tahu awal mula rasa jenuh pada pekerjaan muncul karena masalah apa. Kamu pun masih meraba- raba penyebab munculnya rasa tidak nyaman yang makin menghantui, sehingga membuatmu belum yakin sepenuhnya bahwa resign adalah keputusan terbaik.

2. Tidak Mendapat Dukungan

Credit: Detikforum

Setiap kali curhat ke orang terdekat mengenai pekerjaan ini, kamu tidak pernah mendapat dukungan untuk resign. Bahkan, yang sering kamu dengar adalah harus lebih bersyukur dan bertahan saja. Merasa tidak mendapat dukungan untuk resign, kamu pun akhirnya memilih bertahan meski sebenarnya tersiksa dalam pekerjaan yang kita tekuni.

3. Merasa Belum Kompeten

Credit: Hipwee

Kamu masih merasa jalan di tempat, belum memiliki prestasi atau pencapaian besar di pekerjaan yang sedang kamu geluti sekarang. Kamu belum merasa benar- benar kompeten sehingga merasa masih perlu belahar lebih banyak di pekerjaan yang ada saat ini, meski untuk bertahan harus bisa mengalahkan rasa jenuh terhadap pekerjaan itu sendiri.

4. Belum Punya Rencana Cadangan

Credit: Jawapos

Masih ada keraguan di dalam dirimu untuk resign karena belum ada pekerjaan baru sebagai pengganti. Dan kamu merasa masih belum berani untuk mencoba hal baru, mengambil risiko, maupun belum punya rencana cadangan. Pada akhirnya, kamu lebih memilih untuk bertahan pada pekerjaan sementara waktu sembari memastikan rencana yang lebih matang bila benar-benar akan resign nanti.

Semua keputusan dan pilihan kembali pada diri masing-masing. Dalam berkarier dan bekerja memang terkadang kita akan dihadapkan pada situasi yang membingungkan. Semoga dari setiap masalah dan tantangan yang dihadapi, kamu selalu bisa menemukan jalan keluar terbaiknya.

 

Featured Image - IDN Times