Sejak awal Maret – pelayanan vaksinasi Covid-19 secara drive thru sudah diresmikan. Berlokasi di Kemayoran Jakarta Pusat, layanan vaksin kali ini dikhususkan untuk masyarakat lansia – yang berusia 60 tahun ke atas dengan persyarayat memiliki KTP DKI Jakarta.

Pelayanan vaksin Covid-19 secara drive thru ini menyediakan jalur lantatur – untuk kendaraan roda empat dan dua. Nantinya, peserta yang akan diberi vaksin diwajibkan menggunakan kendaraan, sehingga jaga jarak tetap bisa diterapkan.

Adapun pelayanan vaksinasi ini memerlukan beberapa proses – apa saja? Berikut ini rangkumannya.

 

 

Perjanjian Melalui Aplikasi

Credit Image - inews.id

Untuk menghindari terjadinya keramaian saat proses pendaftaran – administrasi vaksin wajib dilakukan secara online, melalui aplikasi Halodoc atau Go-Med. Untuk periode Februari hingga Juni, persyaratan yang berlaku, yaitu merupakan lansia dan memiliki KTP DKI Jakarta.

Perlu diketahui – masyarakat tak bisa datang langsung ke pos vaksinasi, sebelum melakukan perjanjian lewat aplikasi.

 

Mengunjungi Pos Pelayanan Vaksin

Saat ini, pos pelayanan vaksinasi drive thru baru tersedia di Kemayoran, Jakarta Pusat. Nantinya, setelah melakukan pendaftaran dan dikonfirmasi secara online – peserta bisa datang ke pos 1 pelayanan vaksinasi sesuai jadwal yang ditentukan. Di sini, peserta boleh membawa pendamping.

Untuk jam operasional pos pelayanan vaksinasi drive thru, yaitu mulai pukul 09.00 sampai 16.00.

 

Screening Kesehatan

Credit Image - kabar24.bisnis.com

Setelah dikonfirmasi di pos 1 – kemudian, peserta akan diarahkan ke pos 2. Di sini peserta akan melalui proses screening kesehatan, yang dilakukan oleh tenaga medis. Pengecekan kesehatan – terdiri dari mengukur temperature tubuh, saturasi oksigen, dan tekanan darah peserta.

Adapun screening kesehatan dilakukan agar tenaga kesehatan mengetahui – apakah peserta terindikasi Covid-19 atau tidak.

 

Melakukan Vaksinasi

Setelah melakukan screening kesehatan – maka peserta dinyatakan siap untuk divaksinasi dan diarahkan menuju pos 3. Di pos ketiga ini, vaksinasi akan dilakukan – dan terdiri dari enam jalur motor, serta dua jalur mobil.

 

Observasi Seusai Vaksin

Credit Image - inews.id 

Setelah vaksin diberikan – peserta diminta untuk menunggu selama 30 menit di tempat parkir yang telah disediakan. Tahapan ini diperlukan, untuk mengetahui apakah ada efek samping yang mungkin timbul setelah vaksinasi.

Untuk itu peserta disarankan membawa pendamping – agar ketika kemungkinan ada gejala, pendamping dapat langsung menghubungi tenaga kerja kesehatan yang bertugas.

Tetapi, bagi peserta yang tidak mengalami kondisi apapun setelah imunitasi – dinyatakan telah berhasil divaksin dan akan mendapatkan sertifikat secara online.

Pelayanan vaksin Covid-19 secara drive thru – terlihat cukup disiplin dan efektif. Dari informasi di atas, diharapkan masyarakat tidak lagi ragu untuk melakukan vaksinasi Covid-19, serta selalu patuh menjalani protokol kesehatan yang berlaku.

 

 

Featured Image - panorama.id

Source - popmama.com