Untuk mengurangi penyebaran virus corona – setiap orang yang terinfeksi memang perlu melakukan isolasi, baik di rumah maupun di fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah. Dengan demikian, virus pun tak semakin menular ke orang di sekitar.

Namun, bagi kamu yang lebih memilih melakukan isolasi mandiri di rumah – maupun ada anggota keluarga yang terinfeksi, ada sejumlah hal penting yang wajib kamu ketahui nih.

Idealnya, pasien harus memiliki ruang yang cukup besar – untuk melakukan isolasi selama 10 hingga 14 hari. Tetapi sayangnya, tidak semua tempat tinggal memiliki fasilitas terpisah untuk pasien, lho. Tak perlu khawatir – masih ada cara lain yang dapat kamu lakukan kok. Jika ada anggota keluarga yang positif Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri di rumah – ini berbagai hal yang bisa kamu terapkan!

 

 

Jaga Jarak – Perlu Diperhatikan

Credit Image - liputan6.com

Bagi anggota keluarga yang tidak terinfeksi – diwajibkan untuk tak memasuki ruangan yang ditempati pasien Covid-19. Namun, jika mendesak – pastikan keduanya memakai masker, dan orang yang masuk mesti menggunakan sarung tangan sekali pakai.

Ketika ingin mengantarkan makanan – cukup tinggalkan di depan pintu, lalu pasien mengambilnya setelah orang yang membawa makanan tersebut pergi.

 

Jika Memungkinkan, Gunakan Fasilitas Terpisah

Idealnya, fasilitas yang digunakan pasien Covid-19 sebaiknya terpisah. Mulai dari kamar tidur – pastikan selalu tertutup. Tapi, sesekali buka jendela ruangan agar udara dapat mengalir dengan baik. Kamu juga bisa nyalakan kipas angin untuk membantu sirkulasi ya.

Jika tidak memungkinkan memakai kamar terpisah – letakkan tempat tidur dengan jarak dua meter. Lalu, beri pembatas – seperti tirai, layar lipat, papan, maupun selimut dan seprai. Kalau hanya ada satu tempat tidur – sebaiknya tidur dengan posisi berlawanan arah.

Untuk kamar mandi, jika memungkinkan – gunakan secara terpisah. Tapi, kalau hanya tersedia satu kamar mandi – sebaiknya pasien Covid-19 menggunakan kamar mandi paling akhir, setelah orang lain. Kemudian, bersihkan dan disinfeksi semua permukaan sambil menggunakan sarung tangan.

 

Hindari Menyentuh Benda Pasien Covid-19

Credit Image - kompas.com

Sebisa mungkin hindari menyentuh dan berbagai barang dengan pasien Covid-19. Ini termasuk alat makan ya. Kamu perlu menyiapkan piring, gelas, dan lain sebagainya – secara terpisah untuk digunakan  khusus oleh pasien.

Setelah digunakan – peralatan harus dicuci dengan deterjen dan air panas, sembari menggunakan sarung tangan satu kali pakai. Kemudian, lepas sarung tangan dan cuci tangan dengan sabun setidaknya selama 20 detik.

Sementara, untuk pakaian atau seprai – harus dicuci menggunakan sarung tangan dan jangan dikibaskan sebelum dicuci. Pakaian dan seprai bisa dicuci dengan air panas – kemudian keringan dengan mesin pengering suhu tinggi.

 

Tetap Jaga Imunitas

Selain dengan menerapkan protokol kesehatan – agar tetap terhindar dari infeksi virus corona, jaga selalu kesehatan tubuh dan imunitas dengan menjalani hidup sehat.

Cara ini bisa kamu terapkan dengan menjalani pola makan bergizi, rutin berolahraga, serta istirahat yang cukup. Dan yang tidak kalah penting – optimalkan hidup sehatmu dengan rutin mengonsumsi multivitamin.

Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C tablet – yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk jaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Untukmu yang membutuhkan perlindungan ekstra, konsumsi Enervon-C Effervescentyang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Itulah deretan hal yang perlu kamu terapkan – ketika ada anggota keluarga yang jalani isolasi mandiri di rumah. Pastikan kamu dan keluarga tetap menjalani protokol kesehatan dan menjaga imunitas – sehingga risiko penularan dapat diminimalisir.

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - detik.com