Ada berbagai hal yang wajib diperhatikan – baik sebelum maupun sesudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Mulai dari kondisi kesehatan, waktu tidur yang tepat, hingga terkait asupan makanan – yang perlu dihindari.

Sebelum memperoleh vaksin, masyarakat memang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan asupan makanan bergizi. Untuk itu, menerapkan pola makan sehat – serta menghindari beberapa jenis makanan perlu diterapkan.

Sebab, ada sejumlah makanan yang justru bisa menurunkan imunitas tubuh. Lalu, apa saja jenis makanan yang perlu dihindari sebelum vaksin?

Berikut informasi lengkapnya.

 

 

Sebelum Vaksin Covid-19, Wajib Hindari Jenis Makanan Ini!

Credit Image - today.co

Sebelum mendapat vaksin virus corona, masyarakat dianjurkan untuk memperoleh asupan protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral yang baik. Sejumlah kandungan tersebut – dapat membantu pertahankan imunitas kuat, yang penting dimiliki sebelum dan sesudah vaksin.

Adapun jenis makanan yang perlu dihindari sebelum vaksin, yaitu makanan yang digoreng – serta jenis makanan tinggi akan lemak jenuh. Selain itu, hindari asupan makanan atau minuman tinggi gula. Sejumlah makanan ini memiliki sifat inflamasi, yang dapat memengaruhi kekebalan tubuh.

 

Dapat Lemahkan Imunitas

Credit Image - health.detik.com

Mengapa sejumlah makanan di atas mesti dihindari sebelum vaksin Covid-19? Sebab, makanan dan minuman tersebut dapat melemahkan imunitas tubuh. Tak hanya itu, makanan yang digoreng, tinggi lemak jenuh, dan tinggi gula – juga bisa mengakibatkan ketidakseimbangan nutrisi.

Konsumsi minyak maupun sumber lemak berlebih juga dapat mengurangi kemampuan sel darah putih dalam menghancurkan bibit penyakit. Akibatnya, proses vaksin tidak dapat maksimal – hingga tubuh yang lebih mudah sakit.

Jadi, jaga selalu asupan gizi dan nutrisi seimbang – demi menjaga imunitas tubuh di tengah pandemi. Konsumsi menu sehat, yang terdiri dari lauk pauk, buah dan sayur, serta makanan pokok.

 

Tetap Jalani Protokol Kesehatan dan Jaga Kesehatan

Credit Image - jovee.id

Meskipun nanti sudah mendapatkan vaksin, tetapi menerapkan protokol kesehatan – tetap wajib dijalani! Langkah pencegahan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari keramaian masih harus dipatuhi sampai pandemi bisa dikendalikan.

Lalu, jaga kesehatan tubuh – agar imunitas tetap optimal dengan menjalani hidup sehat. Adapun berbagai kebiasaan baik  yang perlu diterapkan, yaitu:

  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh
  • Istirahat yang cukup, setidaknya tidur selama 7-8 jam semalam
  • Rutin berolahraga
  • Kelola stres dengan baik
  • Lengkapi dengan rutin mengonsumsi multivitamin

Kamu sangat disarankan mengonsumsi multivitamin, terlebih yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti Enervon-C.

Enervon-C tablet mengandung 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – kombinasi sejumlah vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Untukmu yang butuh perlindungan ekstra, dapat minum Enervon-C Effervescent – yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg. Tak hanya baik untuk daya tahan tubuh, Enervon-C Effervescent juga bisa berikan rasa segar, lho.

Nah, sebelum memperoleh vaksin – pastikan kamu sudah menghindari deretan makanan di atas ya. Lalu, tetap terapkan protokol kesehatan untuk maksimalkan perlindungan diri!

 

 

Featured Image - lifepack.id

Source - cnnindonesia.com