Aktualisasi Diri: Cara Menerapkannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Aktualisasi Diri: Cara Menerapkannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

font size A Ǎ

Siapa di sini yang ingin menjadi versi terbaik diri sendiri? Disebut juga sebagai aktualisasi diri – hal ini merupakan langkah terbaik untuk membantu seseorang menjadi lebih baik lagi, membantu mencapai impian, hingga merasakan arti kehidupan dengan baik.

Aktualisasi diri punya banyak manfaat, lho – be the best version of yourself, dapat membuatmu menjalani kehidupan lebih bahagia dan positif. Semua ini bisa dirasakan, karena kamu telah berhasil fokus, percaya diri, dan menerima segala kekurangan yang ada.

Self actualization dibutuhkan dalam hidup, karena dari sini kamu dapat tahu cara terbaik untuk memanfaatkan kemampuan dalam diri – kemudian mengambil langkah dan mencapai tujuan. Baik goals besar maupun kecil.

Tapi, bagaimana ya caranya menerapkan aktualisasi diri dalam kehidupan sehari-hari – agar hidup makin positif?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya.

 

 

Aktualisasi Diri: Dimulai Dengan Menghargai Hal Kecil

Aktualisasi Diri: Cara Menerapkannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Credit Image - alodokter.com

Terdengar klise? Jangan salah, langkah ini justru penting – dan bisa menjadi awalan yang baik dalam menerapkan aktualisasi diri dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun tampak sederhana, tapi punya sikap menghargai – justru memiliki banyak makna.

Coba pikirkan apa saja yang sudah kamu peroleh hingga hari ini – mulai dari diberkahi dengan cuaca yang baik, masih dapat menikmati makan siang dengan tenang, memperoleh pelukan hangat dari orang terdekat, dan lain sebagainya.

Dimulai dari langkah paling sederhana, kehidupan pun terasa lebih bermakna.

 

Belajar Menerima yang Terjadi

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kamu pernah mengalami hal-hal yang tidak sesuai rencana. Misalnya, kamu harus pergi ke luar rumah – tapi tiba-tiba hujan turun. Kejadian ini kerap kali membuat suasana hati memburuk, ya? Tapi, alangkah baiknya kalau kamu menerima hal tersebut.

Atau, kamu mungkin pernah menghadapi orang dengan berbagai sifatnya, seperti suka marah-marah. Nah, dalam proses aktualisasi diri – kamu tak perlu memaksakan diri menyukai orang tersebut, lho. Ingat, dibalik sifat marah-marah itu – pasti ada alasan dan kondisi yang sedang dihadapi.

 

Dapat Kritik dari Orang Lain? Tak Perlu Dicemaskan!

Aktualisasi Diri: Cara Menerapkannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Credit Image - kumparan.com

Setiap orang, pasti pernah mendapatkan kritik dari orang lain, ya? Jika tujuannya memang baik, kamu perlu mendengarkan masukan tersebut – hal ini bisa dijadikan materi untuk tahu kekurangan diri dan memperbaikinya.

Namun, bagaimana kalau sebaliknya? Tak perlu dipusingkan, sebab tak semua kritik perlu kamu telan mentah-mentah. Cobalah untuk memilih mana yang penting – dan mana yang tidak. Jadi, jangan terlalu cemas soal pendapat orang lain ya!

Sebab, kalau kamu mengikuti kritik tersebut – alih-alih bisa menjadi diri sendiri, kamu malah kehilangan jati diri. Wah, kalau sudah begini, aktualisasi diri jadi sulit untuk diterapkan nih.

Itulah tiga cara yang bisa kamu terapkan, untuk menjalani aktualisasi diri dalam kehidupan sehari-hari. Apakah kamu sudah melakukannya?

 

 

Featured Image - brilio.net


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!