Seperti diketahui, program vaksinasi Covid-19 sedang dijalani pemerintah – rencananya, total ada empat merek vaksin yang akan digunakan, yaitu Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax. Sementara, yang lainnya – yaitu, vaksin Gotong Royong atau mandiri.

Namun, dengan adanya beragam merek vaksin ini menimbulkan sejumlah pertanyaan, termasuk “apakah boleh melakukan vaksinasi dua dosis dengan merek yang berbeda?”. Namun, amankah hal ini? Atau, malah justru sebaliknya? 

 

 

Vaksin Covid-19: Bolehkah Beda Merek?

Credit Image - kumparan.com

Dilansir dari CNN Indonesia, seorang Ahli Pulmonologi, dr Erlang Samoedro mengatakan bahwa vaksinasi dosis pertama dan kedua – sebaiknya menggunakan merek vaksin yang sama. Jika menggunakan vaksin beda merek, sebaiknya gunakan vaksin yang terbuat dari bahan serupa.

Tujuan vaksin kedua, merupakan immune booster – jadi, jika vaksin kedua yang didapat menggunakan bahan dasar berbeda, maka fungsi pendorong imun tubuh pun tidak dapat diperoleh. Hal ini pun disetujui oleh pihak BPOM.

Jadi, penggunaan vaksin berbeda merek sebenarnya sah-sah saja, selama bahan dasar yang digunakan sama. Penggunaan beda merek dan bahan dasar berbeda – akan membuat antibodi tidak terbentuk secara optimal.

 

Usai Vaksinasi, Protokol Kesehatan Masih Harus Diterapkan

Sudah mendapatkan vaksin Covid-19, bukan berarti sudah 100 persen aman dari ancaman virus tersebut! Masih ada risiko terinfeksi, meskipun lebih rendah. Untuk itu, masyarakat tetap dianjurkan menerapkan protokol kesehatan – sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara maksimal.

Adapun protokol kesehatan yang wajib diterapkan, yaitu:

  • Memakai masker
  • Menjaga jarak
  • Mencuci tangan
  • Mengurangi mobilitas
  • Menghindari kerumunan

Kelima poin penting tersebut masih harus dijalani sampai pandemi Covid-19 sudah dapat dikendalikan.

 

Imunitas Kuat: Perlindungan Utama Tubuh

Credit Image - jovee.id

Selain protokol kesehatan – agar perlindungan semakin optimal, jaga pula daya tahan tubuhmu, yaitu dengan memiliki gaya hidup sehat.

Pastikan kamu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak konsumsi sayur dan buah, penuhi kebutuhan cairan tubuh, istirahat yang cukup – tidur setidaknya selama 7-8 jam semalam, serta rutin berolahraga.

Yang tidak boleh dilupakan, lengkapi perlindungan diri dengan mengonsumsi multivitamin – terutama yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – kombinasi sejumlah vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dapat bantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi energi yang lebih tahan lama.

Kamu dapat minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dengan rasa yang segar dan berkhasiat untuk memelihara daya tahan tubuh.

Itulah ulasan mengenai menggunakan vaksin berbeda merek – pastikan kamu tetap patuhi protokol kesehatan dan jaga kesehatan tubuh ya!

 

 

Featured Image - pikiran-rakyat.com

Source - cnnindonesia.com