Memiliki pola makan yang sehat merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi sistem daya tahan tubuh. Jika sebelumnya kamu sering makan sembarangan, dan kini ingin mengubah kebiasaan tersebut – mungkin hal ini terasa sulit ya.

Rasa sulit tersebut wajar dialami kok, karena kamu tidak hanya menghentikan satu kebiasaan makan saja, tetapi sekaligus membangun hal yang baru di saat bersamaan. Mengubah pola makan buruk tentu membutuhkan waktu dan usaha yang tekun ya.

Untuk memudahkanmu memiliki pola makan lebih sehat, berikut ini sejumlah tips yang bisa diterapkan. Yuk, simak rangkumannya di bawah ini!

 

 

Pola Makan Buruk: Mesti Dihentikan

Credit Image - futuready.com

Dalam menghentikan kebiasaan buruk, termasuk pola makan – ada baiknya mengaitkan hal ini dengan perawatan diri. Pahami alasan mengapa kamu ingin mengubah perilaku buruk tersebut. Dengan begitu, pola makan kurang baik – bisa segera di atasi.

Misalnya, kalau kamu suka makan es krim tiap malam, tanyakan pada diri “mengapa aku suka makan es krim di malam hari? Apakah ini sebuah wujud pengalihan? Mengapa aku perlu menghibur diri dengan cara ini?” kalau sudah tahu jawabannya – kamu bisa segera ambil tindakan agar kebiasaan ini bisa teratasi.

 

Tips Adopsi Kebiasaan Makan Sehat

Untuk mulai menerapkan pola makan yang sehat, kamu bisa mulai dengan berbagai cara berikut ini ya.

  • Kelola ekspektasi

    Ketika kamu mengembangkan suatu kebiasaan baik – yakinkan bahwa tak hanya baik untuk kesehatan saja, tapi juga bisa membuatmu merasa lebih bahagia. Lalu, atur ekspektasi – dan bersikap realistis. Memiliki sikap tersebut bisa membuatmu lebih mudah menjalani kebiasaan baik tersebut.
  • Tetapkan tujuan

    Terapkan tujuan yang realistis dalam urusan kebiasaan makan baru ini. Hindari membebani diri dengan terlalu banyak perubahan sekaligus – alih-alih senang, kamu justru bisa merasa kewalahan, lho. Pilihlah satu atau dua aspek sederhana dari diet yang ingin kamu lakukan dalam satu waktu. Kalau sudah terbiasa, barulah kamu buat perubahan yang lainnya.
  • Fokus pada makanan

    Ketika kamu mulai menerapkan pola makan sehat, fokus pada makanan yang kamu konsumsi, misalnya menambahkan makanan sehat ke dalam menu sehari-hari – atau, kurangi makanan tidak sehat, seperti gula.

 

Pola Makan Sehat, Bantu Kekebalan Tubuh

Credit Image - health.detik.com

Menerapkan kebiasaan makan yang baik, tentu saja berpengaruh pada kekebalan tubuhmu. Berbagai pola makan sehat yang bisa diterapkan, yaitu:

  • Pilih asupan makanan tinggi protein, rendah lemak, serta kaya akan vitamin C, vitamin E, Zinc, dan Beta Karoten. Sejumlah makanan tersebut kaya akan antioksidan – yang juga bisa bantu menjaga kekebalan tubuh.
  • Perbanyak makan sayur dan buah. Sumber makanan kaya serat ini dapat bantu menjaga kesehatan pencernaan.
  • Hindari makanan dan minuman tinggi gula – konsumsi gula berlebih juga dapat menekan sistem imunitas, lho.
  • Batasi konsumsi lemak. Menurut saran dari Kementerian Kesehatan RI – setiap orang hanya boleh konsumsi 67 gram (5 sendok makan) lemak per hari.
  • Lengkapi kebutuhan nutrisi dengan minum multivitamin, juga sangat disarankan selama pandemi.

Terkait multivitamin yang dapat bantu memenuhi kebutuhan vitamin – kamu direkomendasikan minum Enervon-C setiap harinya. Mengapa demikian?

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dengan rasa yang segar dan berkhasiat untuk memelihara daya tahan tubuh.

Jadi, apakah kamu sudah mulai menerapkan pola makan sehat selama pandemi?

 

 

Featured Image - honestdocs.id

Source - cnnindonesia.com