Kegiatan bekerja dari rumah alias work from home (WFH) sudah menjadi sebuah kebiasaan baru selama pandemi. Meski bisa mengurangi risiko penularan virus, namun sayangnya – WFH justru membuat sebagian besar orang duduk lebih lama, dan kurang bergerak.

Padahal, bekerja dari rumah atau tidak – tetap bergerak sepanjang hari untuk menghindari terjadinya masalah kesehatan, penting untuk dilakukan selama beberapa jam sekali, lho. Faktanya, hanya dengan sedikit aktivitas fisik, bisa meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Nah, untuk bantu tubuh menjadi lebih rileks, kamu disarankan melakukan sejumlah gerakan olahraga – yang mudah diterapkan. Apa saja gerakan tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya!

 

 

Bangun, Duduk, dan Ulangi: Lakukan Tiap Satu Jam Sekali

Credit Image - iowaclinic.com

Bangun dari kursi setidaknya dalam satu jam sekali – penting dilakukan selama WFH, lho. Ini merupakan cara termudah untuk mulai bergerak, kamu hanya perlu bangkit dari kursi, kemudian baru kembali duduk.

Dari berdiri di depan kursi, perlahan-lahan duduklah. Lakukan kontak dengan kursi tanpa meletakkan beban tubuhmu di atasnya. Kemudian, fokuskan kaki, tungkai dan pinggul – untuk berdiri kembali. Gerakan ini juga sering disebut sebagai box squat.

 

Jumping Jack, Gerakan Sederhana Tapi Efektif

Jumping jack merupakan gerakan sisi ke sisi – memang terlihat sederhana, namun efektif untuk membuat tubuh lebih rileks setelah duduk lama. Tapi, kamu tidak disarankan melakukan jumping jack tanpa pemanasan ya.

Untuk menghindari risiko cedera, pertama-tampa siapkan tubuhmu untuk jenis gerakan high impact. Kemudian, luangkan waktu satu menit untuk melakukan beberapa gerakan – kemudian, barulah beralih ke jumping jack.

 

Latihan Tangan yang Mudah Dilakukan

Credit Image - ccoe.us

Untuk melakukan gerakan yang satu ini, fokus pada satu tangan – dalam satu waktu. Letakkan siku tangan yang kamu latih di atas meja untuk menjaga keseimbangan. Kemudian, kepalkan tangan – lalu buka tangan dan rentangkan jari selebar mungkin. Ulangi gerakan ini sebanyak lima kali.

Kemudian, kepalkan tangan dan lingkari pergelangan secara perlahan ke satu arah – ulangi lima kali. Dan, lakukan ke arah yang berlawanan, sebanyak lima kali juga. Gerakan ini ampuh untuk menghilangkan rasa pegal pada bagian tanganmu.

 

Selama WFH, Menggerakkan Kaki Juga Penting

Melakukan gerakan kaki selama beberapa menit dalam sehari – dapat berdampak baik pada kesehatan tubuh, sekaligus suasana hatimu.

Untuk melakukannya, silangkah satu kaki di atas kaki lainnya, fokuskan pada kaki bagian atas. Kemudian, arahkan jari-jari ke depan dan ke bawah, seperti balerina. Tekuk kaki ke belakangan untuk mengarahkan jari kaki ke atas, rentangkan selebar mungkin. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

Atau, kamu bisa lakukan gerakan pengangkatan betis yang lambat dan terkontrol. Caranya, angkat tumir dan dorong beban ke bola kaki, kemudian turunkan kembali tumir. Letakkan satu tangan di atas kursi atau dinding – untuk menjaga keseimbangan.

 

Push-Up, Gerakan Olahraga Mudah dan Efektif

Credit Image - sehatq.com

Agar tubuh tetap tidak terasa kaku selama WFH, lakukan gerakan push up sekitar tiga menit. Lakukan gerakan ini sebanyak yang kamu bisa – tapi tetap perhatikan bentuk yang baik. Setiap sesinya – terdiri dari 20 detik, kemudian istirahat selama 10 detik. Ulangi hingga enam putaran.

Kamu juga bisa memodifikasi gerakan dengan meletakkan lutut di lantai – atau mengangkat tangan di tangga maupun kursi.

Nah itulah kelima gerakan olahraga, yang bisa kamu lakukan selama WFH, biar tubuh tetap rileks dan tak gampang kaku! Apakah kamu sudah mulai menerapkan sejumlah gerakan tersebut?

 

 

Featured Image - ob-fit.com

Source - cnnindonesia.com