Saat ini, program vaksinasi Covid-19 masih terus berjalan – sekarang, pemberian vaksin masih diprioritaskan untuk masyarakat lansia dan petugas pelayan publik. Agar proses vaksin bisa berjalan lancar, kamu dianjurkan memerhatikan sejumlah hal, lho.

Ketika vaksin, tubuh harus dipastikan dalam kondisi baik. Hal ini bertujuan menghindari kemungkinan adanya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Nah, sejumlah tips penting tersebut – tentu perlu dilakukan beberapa saat sebelum vaksinasi nih.

Dikutip dari Detik – berikut sejumlah tips yang perlu dilakukan sebagai persiapan sebelum vaksinasi. Simak ulasan lengkapnya di sini ya.

 

 

Hindari Begadang!

Credit Image - tribunnews.com

Persiapan pertama, yaitu hindari begadang. Sebab, jika terlalu lelah dan kurang istirahat – kondisi tubuh pun akan menurun. Kemudian, tenangkan pikiranmu di malam harinya agar tidak stres. Kalau terlalu capek dan stres – kamu justru tak bisa divaksin, lho!

 

Perhatikan Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Ya

Selain waktu istirahat, perhatikan juga makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Disarankan menghindari makanan yang membuat kondisi tubuh kurang fit, misalnya kopi. Lalu, hindari juga sejumlah makanan pedas atau berlemak tinggi.

 

Pastikan Kondisi Tubuhmu Stabil

Credit Image - kabar24.bisnis.com

Persiapkan dirimu sebaik mungkin, setidaknya 30 menit sebelum divaksinasi. Pastikan diri dan pikiran – sudah dalam keadaan tenang ya! Kamu juga disarankan untuk tidak terlalu buru-buru saat menuju pos vaksinasi.

Dalam kondisi 30 menit sebelum vaksin, hindari melakukan kegiatan berat – seperti olahraga intensitas tinggi, karena kamu harus ditensi sebelum vaksin. Kalau tensi tinggi, proses vaksinasi pun sepertinya perlu ditunda.

 

Tensi Sebelum Vaksin: Perhatikan Tips Ini

Meski terdengar sepele, tapi tips yang satu ini wajib diperhatikan ya. Sebelum melakukan tensi, pastikan posisi siku kamu berada setinggi posisi jantung. Selain itu, tenangkan pikiranmu – kemudian biarkan petugas mengukur tensi, sebelum vaksinasi.

Nah, itulah tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukan vaksinasi. Jangan lupa diterapkan ya!

 

 

Featured Image - kumparan.com

Source - detik.com