Selama pandemi, mencari sumber kebahagiaan dari hal paling simple sekalipun – menjadi sesuatu yang penting. Bagaimana tidak? Terbatasnya ruang kegiatan, seringkali menyebabkan sebagian besar orang merasa stres, sedih, khawatir, maupun cemas.

Apapun yang menjadi sumber bahagiamu, membangun kebiasaan positif juga baik untuk dilakukan, lho. Ada berbagai kebiasaan kecil – sering tidak disadari, ternyata bisa membuat dirimu lebih bahagia di masa-masa sulit.

Kamu dapat mencoba berbagai kebiasaan baik berikut ini – untuk tingkatkan rasa bahagia, lho. Apa saja hal tersebut?

Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

 

 

Tersenyum: Hal Paling Sederhana

Credit Image - makassar.terkini.id

Dilansir dari Healthline, umumnya manusia tersenyum karena bahagia. Namun, hal ini sebenarnya bisa berlaku dua arah. Senyum dapat merangsang otak untuk merilis dopamin, sehingga timbul rasa bahagia. Tapi, bukan berarti kamu mesti memasang senyum setiap waktu ya.

Melainkan, cobalah tersenyum – meskipun kamu sedang mengalami hal yang tak menyenangkan. Dari sini, rasakan perbedaannya. Atau, bisa juga memulai hari dengan menatap cermin dan tersenyum agar lebih semangat.

 

Lakukan Aktivitas Fisik

Berbagai aktivitas fisik, tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh – namun, bermanfaat bagi kesehatan secara mental. Aktivitas ini bisa mengurangi kecemasan, stres, mengurangi gejala depresi, dan menambah rasa bahagia.

Tak perlu aktivitas fisik yang menguras keringat, sebenarnya kegiatan ini bisa dilakukan dengan sekedar berjalan kaki sekitar rumah, mengikuti kelas olahraga virtual, maupun melakukan stretching tiap bangun tidur.

 

Pilih Berita dan Informasi, Untuk Tambah Kadar Bahagia

Credit Image - usersnap.com

Memang penting untuk terus up to date – atau mengetahui berbagai informasi terkini, baik lewat portal berita maupun sosial media. Meski demikian, terkadang kamu justru mencari-cari hal yang tidak penting nih.

Nah, agar tidak terlalu tenggelam dalam aliran informasi, termasuk hoaks maupun berita negatif, sebaiknya pilih berita atau informasi yang memang diperlukan saja. Selama pandemi, terlalu banyak mencerna informasi – malah bisa menimbulkan rasa stres, lho.

 

Ingat, Tetap Bersyukur Ya!

Tahukah kamu bahwa bersyukur bisa meningkatkan suasana hati? Studi membuktikan hal ini mampu meningkatkan harapan dan kebahagiaan. Coba perhatikan kembali hal-hal kecil yang sering disepelekan – kemudian tetap syukuri yang terjadi.

Atau, kamu juga bisa mulai dengan menuliskan satu dua hal yang bisa disyukuri. Misalnya, telah menyantap makan siang yang nikmat – atau bisa bercerita dengan sahabat melalui telepon.

 

Tarik Napas Dalam

Credit Image - sehatq.com

Ketika stres, tubuh sering menjadi tegang – tak jarang, kondisi ini membuatmu terasa tertekan, bahkan ingin menyerah saja. Tapi, biar lebih tenang, cobalah ambil napas panjang dan dalam. Aktivitas ini bisa mengurangi rasa stres, lho.

Cukup dengan menutup mata dan bayangkan memori indah – kemudian tarik napas panjang lewat hidung, lalu hembuskan perlahan melalui mulit. Ulangi proses ini sampai kamu merasa tenang.

Nah, itulah lima kebiasaan sederhana, namun efektif yang bisa dilakukan agar tetap bahagia selama pandemi. Apakah kamu ingin segera mencobanya?

 

 

Featured Image - blog.roomme.id

Source - cnnindonesia.com