Saat ini, program vaksinasi Covid-19 masih terus berlangsung. Diharapkan, ketika sudah semakin banyak masyarakat yang memperoleh vaksin – herd immunity akan segera terbentuk. Jadi, rantai penularan virus dapat segera dihentikan.

Meski demikian, tak sedikit masyarakat yang merasakan beberapa keluhan – salah satunya mengantuk. Tak sedikit lho, orang yang justru ngantuk usai divaksinasi. Tapi, jangan khawatir dulu! Respon yang satu ini tidak berbahaya kok.

Lebih lanjut mengenai hal tersebut, berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Usai Vaksin Malah Mengantuk, Kok Bisa?

Credit Image - jawapos.com

Banyak orang yang mengeluhkan ngantuk usai mendapat vaksin Covid-19. Gejala minor pasca-imunisasi ini merupakan bukti tubuh merespons suntikan vaksin. Sebab, tubuh juga memerlukan energi untuk membentuk antibodi.

Banyaknya energi yang dikeluarkan dalam pembentukan antibodi tersebut – akhirnya, dapat membuat tubuh kelelahan, sehingga rasa kantuk pun timbul. Selain itu, orang juga kerap merasa lapar – karena, energi terserap habis untuk membentuk antibodi.

Untuk itu, masyarakat disarankan untuk makan terlebih dahulu sebelum vaksin. Tapi, pastikan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang – jadi, pembentukan antibodi pun makin optimal. Nutrisi yang baik dapat membantu respons tubuh lebih cepat.

 

Tetap Jalani Protokol Kesehatan

Meskipun antibodi akan segera terbentuk usai mendapatkan vaksin Covid-19 – tapi, protokol kesehatan mesti terus diterapkan. Seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

Protokol kesehatan masih harus dijalani, hingga nanti pandemi sudah terbukti dapat dikendalikan. Selain itu, mengoptimalkan kekebalan tubuh – juga jadi poin penting yang perlu diperhatikan, walaupun sudah mendapat vaksin.

 

Optimalkan Daya Tahan Tubuh: Bantu Hindari Paparan Virus

Credit Image - kompas.com

Selain menerapkan protokol kesehatan dan mendapat vaksin, imunitas tubuh juga tetap harus dipertahankan, sehingga infeksi virus tidak mudah terjadi. Kamu dianjurkan menjalani hidup sehat, seperti:

  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh
  • Istirahat yang cukup
  • Rutin berolahraga
  • Kelola stres dengan baik
  • Lengkapi dengan rutin mengonsumsi multivitamin

Kamu sangat disarankan mengonsumsi multivitamin, terlebih yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – kombinasi sejumlah vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dengan rasa yang segar dan berkhasiat untuk memelihara daya tahan tubuh.

 

 

Featured Image - galigo.id

Source - cnnindonesia.com