Beberapa waktu terakhir, istilah gluten free sepertinya semakin akrab di kuping masyarakat. Hal yang satu ini juga kerap ditemukan pada sejumlah kemasan produk makanan – bahkan, menjadi tren diet, lho.

Tapi, apakah kamu sudah mengetahui maksud dari gluten free itu sendiri? Lalu, apakah pola diet tersebut boleh diterapkan dalam keseharian? Untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut – yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini!

 

 

Apa Itu Gluten Free?

Credit Image - foodnavigator.com

Gluten merupakan jenis protein yang terdapat dalam gandum serta olahannya. Kandungan ini sering dimanfaatkan untuk membuat adonan dari berbagai olahan makanan – sehingga, bisa mengembang dan memiliki tekstur yang elastis. Misalnya, sering ditemukan dalam olahan roti, kue, mie, pasta, donat – atau makanan lainnya yang berbahan dasar gandum atau tepung terigu.

Dapat dikatakan bahwa gluten free – mengacu pada eliminasi komplit semua sumber makanan yang mengandung gluten. Jadi, sejumlah orang yang menerapkan diet ini, tidak mengonsumsi berbagai jenis makanan di atas.

Meski demikian, hal ini tidak benar-benar berlaku pada sejumlah produk makanan yang berlabel gluten free, lho – sebab, kemungkinan masih ada sedikit kandungan gluten di dalamnya. Namun, kandungan gluten masih dalam batas aman, yaitu <20 ppm.

 

Gluten Free: Apakah Penting Diterapkan Dalam Keseharian?

Credit Image - liverdoctor.com 

Membahas mengenai penting atau tidaknya diet gluten free diterapkan – ini bergantung pada kondisi, serta sebab akibatnya. Setidaknya, ada tiga kondisi utama yang sangat dianjurkan menjalani pola diet ini, yaitu penyakit celiac, intoleransi gluten, dan alergi gandum.

Pada orang dengan kondisi tersebut, diet gluten free – menjadi sangat penting, karena dapat membantu memperbaiki masalah kesehatan yang dialami. Sementara, bagi yang tidak – diet gluten free justru tidak disarankan, lho.

Mengapa demikian? Karena dapat berisiko menyebabkan kekurangan nutrisi. Karena, hampir sebagian besar serealia atau biji-bijian yang kaya akan vitamin, mineral, dan serta mengandung gluten di dalamnya. Kalau kamu menerapkan diet ini – sudah pasti, sejumlah nutrisi tersebut tidak bisa terpenuhi.

Kesimpulannya – diet gluten free sangat penting bagi orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Bagi kamu yang memiliki sistem pencernaan normal, sebaiknya hindari pola diet seperti ini – apalagi, kalau hanya mengikuti tren semata!

 

Jaga Selalu Imun Tubuh, Lakukan Deretan Hal Ini!

Credit Image - jovee.id

Nah, sekarang kamu sudah tahu ya informasi mengenai diet gluten free – dan penerapannya dalam keseharian. Yang paling penting, pastikan kamu tetap menjalani gaya hidup sehat, terlebih di masa pandemi!

Apa saja yang bisa dilakukan? Terapkan pola makan bergizi seimbang, lakukan olahraga secara rutin, cukupi waktu istirahat, serta lengkapi kebutuhan vitamin harian – yang ini bisa dengan mengonsumsi multivitamin setiap hari, lho.

Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C setiap hari nih. Kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat nya dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg ya!

 

 

Featured Image - whatsnewindonesia.com