Ketika berpuasa, rasa lemas, mengantuk, dan malas memang kerap menghampiri. Apakah kamu sering merasakannya juga? Wah, bisa-bisa jadi kurang aktif dan produktif nih! Apalagi, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung – memang menjadi tantangan tersendiri.

Berpuasa sering membuat diri menjadi lemas – dan, secara tidak langsung kekuatan tubuh pun ikut berkurang. Tidak makan dan minum hampir seharian memang menguras energi ya. Jadi, tidak heran – kalau banyak orang yang justru memilih tidur selama puasa.

Tapi, untukmu yang ingin tetap aktif dan produktif – bisa lho melakukan aktivitas positif, yang juga bantu menunjang pengembangan diri. Penasaran apa saja kegiatan yang direkomendasikan tersebut?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

 

Yuk, Buat Rencana Harian Dulu

Credit Image - marcomplus.co.id

Biar aktivitas pengembangan diri selama bulan puasa makin maksimal – coba susun terlebih dahulu kegiatan yang ingin dilakukan seharian. Misalnya, di pagi hari kamu gunakan untuk bekerja, kemudian di siang hari melakukan hobi.

Tentukan pekerjaan dari tingkat kesulitan tertinggi ya. Manfaatkan waktu seharian dengan rencana yang sudah dibuat, sehingga terhindar dari malas-malasan. Ingat, semakin diturutin rasa malasnya – maka akan semakin terasa lemas, lho!

 

Ikut Workshop, Talkshow, Atau Seminar

Di waktu senggang, kamu juga dapat mengikuti aktivitas yang dapat mendukung pengembangan diri nih. misalnya, workshop, talkshow, maupun seminar – yang membagikan informasi menarik. Saat ini, seminar semakin mudah ditemukan, bahkan kamu bisa ikuti via online.

Mengikuti seminar atau workshop akan melatih keberanianmu dalam berkomunikasi – termasuk dengan orang-orang baru. Keahlian dan pengalaman orang lain bisa dijadikan penyemangat, dan inspirasi agar kamu terus melakukan pengembangan diri.

 

Tetap Lakukan Olahraga Ringan Ya!

Credit Image - rukita.co

Ingat, di sela-sela aktivitas pengembangan diri – kamu juga tetap perlu melakukan olahraga ringan. Bulan puasa bukan berarti kamu boleh skip olahraga! Kegiatan yang satu ini justru dapat membantu jaga kesehatan, sekaligus bikin makin produktif, lho.

Lakukan olahraga ringan menjelang buka puasa, atau sesudah berbuka. Hindari aktivitas fisik dengan intensitas tinggi – dan lakukan dalam sesi yang singkat. Tujuan utamanya, agar fisik tetap ideal dan sehat selama bulan Ramadhan.

Kamu tidak ingin kan di bulan puasa ini – tubuh kekebalan tubuh menurun dan sering sakit-sakitan?

 

Manfaatkan Waktu Istirahat Dengan Baik

Produktif dan aktif memang dianjurkan selama berpuasa – tapi, tetap manfaatkan waktu istirahatmu dengan baik ya. Menjelang jam istirahat di siang hari, biasanya energi akan berkurang. Nah, sebaiknya, sediakan waktu untuk relaksasi sejenak.

Biar tidak kebablasan, pasang alarm agar kamu tetap bisa bekerja tepat waktu. Kamu bisa lakukan peregangan tubuh, tidur siang, atau kegiatan menenangkan lainnya. Ini merupakan cara yang dianjurkan agar kamu tetap produktif.

 

Jaga Energi Selama Puasa, Konsumsi Multivitamin Ini!

Credit Image - halodoc.com

Tetap aktif dan produktif di bulan Ramadhan memang dapat bantu proses pengembangan diri ya. Selain menerapkan berbagai tips di atas – pastikan kamu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, untuk menunjang rutinitasmu!

Tak hanya dari mengonsumsi makanan bergizi, kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon Active selama bulan puasa.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat membantu jaga daya tahan tubuh – sekaligus menjaga energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Nah, itulah keempat hal terkait pengembangan diri – yang dapat kamu terapkan di bulan Ramadhan. Jadi, tak ada lagi alasan untuk bermalas-malasan ya!

 

 

Featured Image - cermati.com