Ketika memasuki bulan puasa, tak jarang rasa lemas, malas, bahkan sering mengantuk kian menghampiri. Apakah kamu juga merasakan hal serupa, Enervoners? Siklus tidur yang berubah – menjadi lebih pagi untuk sahur, seringkali menjadi penyebabnya.

Belum lagi, tubuh yang tidak mendapat asupan nutrisi selama waktu berpuasa – dari subuh hingga magrib. Apalagi, bagi kamu yang masih menjalani work from home, sepertinya rasa lemas dan malas sulit untuk dihindari ya.

Lalu, bagaimana sih cara mengatasinya? Berikut ini deretan hal yang bisa kamu lakukan agar tetap aktif dan produktif selama WFH di bulan Ramadhan. Yuk, simak ulasannya sampai habis!

 

 

Waktu Tidur Mesti Berkualitas

Credit Image - womantalk.com

Tips pertama yang perlu diterapkan, yaitu memerhatikan waktu tidur. Bulan puasa bukanlah alasan bagimu untuk begadang, lho! Alih-alih tubuh makin bugar, kamu malah makin gampang lemas dan mengantuk seharian.

Pastikan kamu mendapatkan waktu istirahat yang cukup, yaitu sekitar 7-8 jam semalam. Selain dapat bantu hindari rasa ngantuk berlebihan selama waktu kerja – tips ini juga dapat menghindarimu dari berbagai risiko penyakit berbahaya.

 

Ajak Rekan Kerja Berbincang, Bantu Hindari Rasa Kantuk

Selanjutnya, kamu bisa mengatasi rasa ngantuk dengan mengobrol, lho. Ketika berpuasa seharian sembari bekerja – tentu saja rasa bosan dan kantuk sering menghampiri. Untuk itu, cobalah ajak rekan kerjamu berbincang sesaat.

Kamu dapat obrolkan berbagai hal menarik – atau sekedar bertukar kabar saja. Nah, bagimu yang masih menjalani work from home, bisa menyapa rekan kerja melalui platform virtual ya. Dijamin bikin waktu berpuasa makin tak terasa!

 

Sempatkan Untuk Berolahraga

Credit Image - zurich.co.id

Biar makin aktif dan produktif selama berpuasa – coba sempatkan waktu untuk melakukan olahraga ringan ya. Tak perlu aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat, kamu dapat kegiatan simple – seperti berjalan kaki.

Usahakan untuk melakukan pergerakan ringan – minimal beberapa jam sekali. Hal ini dapat bantu menghilangkan rasa penat dan pegal, setelah duduk dan bekerja seharian.

 

Dengerin Musik Biar Tak Bosan!

Selanjutnya, untuk mengatasi rasa ngantuk dan bosan selama puasa – kamu bisa mendengarkan musik, lho. Media yang satu ini memang dikenal dapat atasi mengantuk dan lemas ketika bekerja. Terdengar simple, kan?

Kamu tinggal siapkan earphone dan playlist favoritmu untuk menemani bekerja di bulan puasa. Setelah mendengarkan musik – pasti energi dan semangatmu makin meningkat. Wah, tak ada lagi deh kata malas selama puasa!

 

Hindari Main Gadget Terus Menerus

Credit Image - health.kompas.com

Kalau kamu beranggapan bahwa bermain gadget akan membuat rasa ngantuk hilang – ini salah besar! Justru, terlalu berpaku dengan smartphone maupun gawai lainnya – akan membuatmu hanya fokus pada satu titik saja. Tentu, hal tersebut akan membuatmu mudah bosan.

Jadi, usahakan untuk tidak bermain gadget berlebihan selama bulan puasa – kalau kamu tidak ingin gampang lelah dan mengantuk!

 

Perhatikan Menu Makanmu Ya

Menjaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh saat sahur dan berbuka – penting, lho diperhatikan. Jika kamu hanya makan “seadanya” alias tidak memenuhi kebutuhan nutrisi, tubuh akan lebih mudah lemas saat berpuasa.

Pastikan kamu mengonsumsi sumber karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, dan vitamin untuk bantu menjaga energi selama berpuasa. Tips yang satu ini juga ampuh untuk pertahankan kekebalan tubuh, lho.

 

Lengkapi Dengan Minum Multivitamin

Credit Image - id.theasianparent.com

Terakhir, menjaga tubuh tetap berstamina dan penuh energi selama berpuasa – dapat dimaksimalkan dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang memiliki kandungan lengkap nih. Lalu, multivitamin seperti apa yang disarankan?

Kamu direkomendasikan minum Enervon Active ketika sahur dan berbuka puasa! Multivitamin yang satu ini mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat membantu jaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks dapat optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi – saat sahur dan berbuka, dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak mudah lelah meski punya aktivitas padat!

Nah, itulah deretan tips untuk bantu tetap aktif dan produktif selama berpuasa. Apakah kamu sudah mulai menerapkannya?

 

 

Featured Image - glints.com

Source - jakartanotebook.com