Bulan Ramadhan memang identik dengan berbagai macam jajanan yang menggiurkan. Apakah kamu termasuk orang yang mudah tergoda – alias lapar mata ketika melihat berbagai takjil? Wah, sepertinya hal satu ini sering dirasakan.

Ketika terlalu kalap membeli makanan untuk buka puasa, tak jarang lho – takjil jadi tersisa, karena kamu sudah kekenyangan. Padahal, ini tak boleh dilakukan. Alhasil, makanan malah terbuang, sementara masih ada orang lain yang membutuhkannya.

Kamu kerap mengalami hal serupa? Yuk, coba kendalikan dirimu. Bagaimana cara tepat melakukannya? Berikut ini lima tips yang bisa diterapkan – biar tak lagi lapar mata ketika hendak membeli makanan buka puasa.

 

 

Tentukan Dahulu Menu yang Ingin Dimakan

Credit Image - validnews.id

Selama bulan puasa, biasanya kebutuhan pokok menjadi meningkat nih – hal ini mengharuskan seseorang mengeluarkan uang lebih banyak, terlebih dalam urusan hidangan berbuka puasa. Lalu, bagaimana biar tidak lapar mata dan berujung boros?

Langkah pertama, kamu perlu menentukan terlebih dahulu menu apa saja yang ingin dimakan. Tanyakan pada diri sendiri sebelum membeli takjil, ya. Kemudian, catat – dan beli makanan yang sesuai dengan catatan tersebut.

 

Berbuka Puasa, Awali Dengan Lepas Dahaga

Setiap keluarga, pasti ingin menyiapkan hidangan makanan buka puasa dengan sempurna ya. Tapi tak jarang, kamu malah lapar mata – bahkan, ingin memakan segala hidangan yang ada dihadapan. Apakah kamu alami hal serupa? Hati-hati, kebiasaan ini tak baik untuk kesehatan – dan buat perut jadi begah!

Sebaiknya, awali buka puasa dengan melepas dahaga terlebih dahulu. Minum 1-2 gelas air putih – untuk membasahi salura cerna, sebelum akhirnya menerima makanan. Hal ini juga bisa membantumu makan dalam porsi lebih sedikit.

 

Makan Pakai Piring Lebih Kecil

Credit Image - hot.liputan6.com

Untuk menghindari lapar mata, sebaiknya makan takjil menggunakan piring yang lebih kecil. Lalu, prioritaskan makanan apa yang paling ingin kamu santap. Tips ini merupakan strategi sederhana – yang jauh lebih mungkin berhasil dibanding cara lain.

Ketika kamu sudah menghabiskan makanan yang ada di piring – maka otak akan mengirimkan sinyal bahwa perut sudah kenyang. Dengan begitu, perut tak begah akibat kalap saat berbuka, kan?

 

Sempatkan Waktu Untuk Berolahraga Ya!

Pikiran ingin membeli banyak takjil untuk berbuka puasa – pasti sering terlintas, apalagi ketika dihadapkan dengan berbagai macam pilihan menu. Padahal, sebenarnya tubuh tak memerlukan makanan sebanyak itu, lho.

Untuk mengalihkan pikiran, sebaiknya lakukan aktivitas lain, seperti berolahraga. Kegiatan tersebut bisa dilakukan menjelang buka puasa – dan, bermanfaat untuk mengurangi napsu makan berlebihan. Jadi, rasa kalap dan lapar mata bisa dihindari!

 

Tidur Siang Sejenak

Credit Image - halodoc.com

Biar kamu tidak tergiur membeli berbagai macam takjil, cobalah untuk beristirahat sejenak di siang hari. Hal ini bisa mengalihkan perhatianmu agar tidak lapar mata. Cara ini menjadi trik ampuh – untuk meningkatkan kewaspadaan, dan membantu atasi stres yang menjadi penyebab membeli banyak makanan.

Jadi, apakah kamu masih ingin memiliki kebiasaan lapar mata ketika beli takjil? Ingat, hal ini tak baik untuk kesehatan – serta bisa menjadikanmu lebih boros, lho!

 

 

Featured Image - pikiran-rakyat.com

Source - popmama.com