Suplemen adalah alternative yang baik bagi beberapa orang untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Beragam suplemen dikemas dengan berbagai macam bentuk, mulai dari bubuk, cair, dan juga tablet. Saat ini juga sudah semakin popular suplemen dalam bentuk tablet effervescent.

Apa itu tablet effervescent?

Credit: KlikDokter

Tablet effervescent adalah tablet larut air yang mengandung campuran asam serta natrium bikarbonat. Cara minumnya pun berbeda dengan tablet pada umumnya, yang bisa langsung ditelan dengan bantuan air.

Walau bentuknya sama, ukuran tablet larut cenderung lebih besari daripada tablet biasa. Kemudian, tablet larut air harus dilarutkan terlebih dahulu di dalam satu gelas air. Dan saat tablet tercampur dengan air, maka akan menghasilkan karbon dioksida. Kemudian, tablet akan larut tercampur dengan air dan kamu bisa segera meminumnya.

Apa saja keunggulan vitamin C dalam bentuk tablet effervescent?

Pengemasan vitamin C dalam bentuk tablet larut air ternyata memiliki beberapa keunggulan. Selain lebih mudah dibawa karena tidak mudah tumpah atau berantakan, tablet effervescent juga memiliki kemasaan yang kedap udara sehingga terlindung dari paparan cahaya udara, panas, dan hawa lembab.

Selain itu, vitamin C dalam bentuk tablet effervescent juga memiliki keunggulan lainnya, yaitu:

1. Nutrisinya lebih cepat diserap

Credit: JawaPos

Supelemen vitamin C dalam bentuk tablet larut air ternyata lebih cepat diserap daripada tablet biasa. Karena tablet biasa butuh waktu yang lebih lama untuk dipecah dahulu agar partikelnya bisa berubah menjadi lebih kecil.

Tablet larut air memiliki daya serap yang lebih tinggi karena sudah larut secara merata dalam air sehingga lebih mudah masuk ke dalam darah untuk disebarkan ke seluruh tubuh. dengan begitu, kamu akan lebih cepat merasakan manfaatnya.

2. Rasa yang lebih enak

Credit: HealthLine

Suplemen kapsul atau tablet biasa bisa membuat beberapa orang malas untuk meminumnya. Sementara itu, suplemen dalam bentuk tablet effervescent biasanya memiliki rasa yang enak dan segar. Kamu pun jadi lebih semangat minum suplemen sehingga kebutuan vitamin C harianmu dapat terpenuhi dengan baik.

3. Ramah bagi lambung

Credit: Grid.id

Menurut penelitian tablet effervescent lebih mudah ditoleransi oleh perut. Kandungan karbonat dan asam pada tablet ini bisa berfungsi sebagai pemisah dari perut dengan pH optimum. Terkadang, tablet biasa hanya larut sebagian sehingga cenderung memiliki risiko untuk melukai lambung. Sementara tablet effervescent sudah larut sepenuhnya dalam air lebih mudah menyerap di dalam tubuh dan aman bagi lambung.

4. Meningkatkan asupan air

Credit: Brilio

Selain memberikan tambahan nutrisi, suplemen vitamin C berbentuk tablet effervescent dapat membantumu meningkatkan asupan cairan dalam tubuh. hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi.

5. Mudah diminum

Credit: HelloSehat

Bagi kamu yang sulit untuk menelan obat atau suplemen dalam bentuk tablet, tablet effervescent bisa jadi pilihanmu. Kamu tidak lagi perlu mengakali bagaimana caranya minum suplemen tanpa takut tabletnya tersangkut di tenggorokan.

Kamu bisa mengonsumsi suplemen vitamin C dalam bentuk tablet effervescent ini sesuai dengan kebutuhan. Suplemen vitamin C dalam bentuk ini lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan vitamin lainnya. Hal ini menandakan bahwa kamu bisa minum suplemen vitamin C dalam bentuk tablet effervescent ini sebelum atau sesudah makan.

Kamu bisa memilih vitamin C bentuk tablet effervescent dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks yang aman di lambung dan dapat membantu jaga daya tahan tubuhmu biar nggak gampang sakit.

 

Featured Image - Hello Sehat