Menahan rasa lapar dan haus selama menjalani ibadah puasa, terkadang dapat membuat tubuh terasa lemas – bahkan, sampai malas bergerak. Apakah kamu mengalami hal serupa? Sebaiknya, jaga tubuh agar tetap bugar dan aktif, agar rasa lemas tersebut dapat diatasi.

Tapi, bagaimana cara menjaga tubuh tetap bugar? Salah satu cara paling sederhana – dan dianjurkan, yaitu dengan rutin melakukan olahraga. Kegiatan yang satu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, lho. Jadi, alih-alih menghabiskan waktu saat puasa untuk tidur saja, lebih baik tetap sempatkan waktu berolahraga, ya.

Lalu, apa saja kegiatan fisik yang direkomendasikan? Dan bagaimana tips tepat dalam melakukan olahraga selama berpuasa?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Tetap Aktif Selama Puasa: Lakukan Pilihan Olahraga Ini

Credit Image - tokopedia.com

Ketika sedang berpuasa, ada beberapa olahraga yang direkomendasikan untuk dilakukan – adapun berbagai kegiatan fisik yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Lari

    Yang pertama, olahraga lari atau jogging – menjadi kegiatan fisik simple dan efektif dilakukan selama berpuasa. Lakukan olahraga ini dengan intensitas ringan hingga sedang, setidaknya selama 30 menit. Jika di awal kamu masih kesulitan, coba lakukan jalan santai sembari meningkatkan intensitasnya dari hari ke hari.
  • Bersepeda

    Ingin olahraga yang lebih energik? Kamu bisa bersepeda, lho. Tapi ingat, tetap lakukan dalam intensitas rendah, ya. Bersepeda santai akan membantu bakar kalori, meningkatkan stamina, dan kebugaran tubuh makin terjaga selama berpuasa.
  • Pilates dan Yoga

    Untukmu yang gemar melakukan kegiatan relaksasi – sekaligus ingin melatih pernapasan, coba lakukan pilates maupun yoga. Olahraga ini juga baik untuk menguatkan otot, memperbaiki postur tubuh, hingga meningkatkan konsetrasi, lho. Selain itu, pilates dan yoga umumnya dilakukan di dalam ruangan, sehingga bisa mencegahmu dari dehidrasi – akibat suhu dan kelembapan yang tinggi.

 

Tips Tepat Olahraga Selama Bulan Puasa

Credit Image - gooddoctor.co.id

Agar kegiatan olahraga tetap nyaman dilakukan selama bulan puasa, ada berbagai tips yang mesti kamu perhatikan nih. Apa saja?

Pilih waktu yang tepat

Ada beberapa waktu yang dianjurkan untuk berolahraga selama puasa, yaitu dini hari usai sahur – di waktu ini tubuh masih segar, serta cadangan air dan energi pun masih terbilang banyak. Kemudian, bisa juga menjelang buka puasa.

Yang penting, hindari olahraga di luar ruangan – terlebih di siang hari dan saat matahari masih terik. Hal ini bisa menyebabkan dehidrasi terjadi lebih cepat, lho.

 

Intensitas dan Durasi

Kemudian, perhatikan pula intensitas dan durasi olahraga selama berpuasa. Sebaiknya, lakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang saja – untuk durasinya, 30 menit sudah cukup. Biar lebih maksimal, lakukan senyak 2-3 kali dalam seminggu, ya.

Durasi dan intensitas tersebut masih dapat ditingkatkan secara bertahap, ketika tubuh sudah mulai terbiasa untuk beraktivitas berat selama berpuasa.

 

Penuhi Kebutuhan Nutrisi dan Cairan

Saat berpuasa, kamu mesti tetap memerhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi – sekaligus jumlah cairan yang diminum. Tips ini penting diterapkan untuk menjaga kebugaran tubuh, serta membuatmu tetap aktif.

Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks, seperti gandum, beras merah, dan sayuran – agar cadangan energi dilepas secara bertahap dan kamu pun merasa kenyang lebih lama. Dan jangan lupa, untuk penuhi kebutuhan cairan – minum setidaknya 8 gelas dalam sehari.

 

Lengkapi Kebutuhan Vitamin

Terakhir, menjaga tubuh tetap berstamina dan penuh energi selama berpuasa – dapat dimaksimalkan dengan memenuhi kebutuhan vitamin. Nah, selain dari makanan – vitamin juga bisa diperoleh dari multivitamin yang memiliki kandungan lengkap, lho. Tapi, multivitamin apa yang sebaiknya dikonsumsi?

Kamu direkomendasikan minum Enervon Active ketika sahur dan berbuka puasa! Multivitamin yang satu ini mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat membantu jaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks dapat optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi – saat sahur dan berbuka, dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak mudah lelah meski punya aktivitas padat!

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya mengenai ulasan aktivitas – yang dapat bantu kamu tetap bugar dan aktif selama berpuasa. Apakah kamu sudah mulai mencobanya?

 

 

Featured Image - kepo.co

Source - klikdokter.com