Memilih makanan sehat, sekaligus berbagai asupan suplemen vitamin – merupakan langkah persiapan yang sering dilakukan orang saat melakukan ibadah puasa. Memang, mencukupi kebutuhan nutrisi, termasuk vitamin, penting dilakukan agar tubuh tetap sehat dan berenergi ketika berpuasa.

Dari sekian banyaknya jenis vitamin yang perlu dikonsumsi, terutama selama puasa, yaitu vitamin C. Seperti diketahui, vitamin tersebut penting untuk menjaga daya tahan tubuh – agar tidak mudah terserang penyakit.

Vitamin C yang dapat diperoleh dari sumber makanan maupun suplemen – dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur, lho. Ini bukan tanpa alasan – sebab, selain meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C punya banyak manfaat lainnya.

Lalu, apa saja dampak baik yang dapat dirasakan ketika mengonsumsi vitamin C saat sahur? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Pikiran Jadi Segar Sepanjang Hari

Credit Image - cnnindonesia.com

Selama berpuasa, apakah kamu kerap merasa lemas dan sulit fokus? Coba deh, konsumsi vitamin C ketika sahur – yang bisa bantu menjaga pikiran tetap segar sepanjang hari. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan konsentrasi, sekaligus daya ingat, lho.

Ketika sedang menjalani ibadah puasa, fungsi kognitif otak – mulai dari konsentrasi, mengingat, dan mengambil keputusan mungkin saja menurun, karena otak kekurangan suplai oksigen. Nah, di sinilah peran vitamin C – yang berguna untuk menjaga fungsi jaringan otak, sehingga kamu tetap segar sepanjang hari.

 

Konsumsi Vitamin C: Bantu Tidur Makin Nyenyak

Bagi kamu yang juga sering merasa lelah seharian, tapi sulit untuk tidur – mengonsumsi vitamin C, termasuk saat waktu sahur, akan sangat membantumu mendapat kualitas istirahat yang lebih baik. Jadi, sudah pasti tubuh makin berasa segar, ya.

Mengingat selama berpuasa, kamu harus bangun sahur, kemudian beraktivitas di pagi harinya. Dengan mendapat tidur nyenyak dan berkualitas – tubuh tidak akan mudah kehilangan energi, dan makin produktif sepanjang hari.

 

Sirkulasi Darah Makin Lancar, Lho

Credit Image - cosmopolitan.co.id

Masih ragu – mengenai pentingnya mengonsumsi vitamin C selama berpuasa, terutama di waktu sahur? Ingat, ini merupakan hal penting, lho – sebab vitamin C juga berperan untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Manfaat yang satu ini dapat dirasakan, karena vitamin C mengandung zat yang mampu mengurangi stres oksidatif – sekaligus mencegah disfungsi vascular yang disebabkan oleh beban glukosa. Jadi, tak ada lagi alasan untuk skip konsumsi vitamin C saat sahur, ya!

 

Mencegah Tubuh Jadi Lemas Selama Berpuasa

Yang satu ini merupakan salah satu fungsi terpenting vitamin C – apalagi, jika dikonsumsi saat waktu sahur. Ketika menjalani ibadah puasa, tubuhmu pasti jadi lebih mudah lemas seharian, kan? Apalagi, ketika nanti memasuki pertengahan bulan Ramadhan.

Nah, hal tersebut wajar saja terjadi – karena sistem metabolisme tubuh masih dalam tahap penyesuaian. Dengan adanya asupan vitamin C, maka sistem metabolisme akan lebih cepat beradaptasi terhadap perubahan tubuh. Jadi, rasa lemas dan lesu selama berpuasa – bisa dihindari.

 

Tentunya, Dapat Bantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Credit Image - alodokter.com

Manfaat yang satu ini – pasti sudah diketahui banyak orang, termasuk dirimu. Ya, apalagi kalau bukan peran vitamin C dalam menjaga kekebalan tubuh. Vitamin ini memang dikenal berfungsi untuk memperkuat sel-sel imun dan menjaga tubuh agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Selama berpuasa, sel-sel imun tubuh juga mesti mengikuti perubahan jam biologis tubuh – hal ini tak jarang menyebabkan imun malah menurun, lho. Jadi, dengan asupan vitamin C – kekebalan akan tetap optimal dalam melawan virus maupun bakteri.

 

Sumber Terbaik Vitamin C: Perlu Dikonsumsi Selama Berpuasa

Memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya, penting dilakukan – terlebih di bulan puasa. Tapi, darimana sajakah vitamin ini bisa diperoleh? Kamu bisa mengonsumsi berbagai sumber makanan sehat, seperti:

  • Jeruk
  • Pepaya
  • Jambu biji
  • Mangga
  • Paprika merah dan hijau
  • Brokoli
  • Kembang kol
  • Bayam
  • Kubis

Tetapi, mengonsumsi sejumlah sumber makanan tersebut belum tentu dapat memenuhi kebutuhan vitamin C per hari, lho. Jadi, kamu bisa maksimalkan dengan mengonsumsi multivitamin – direkomendasikan minum Enervon-C setiap hari. Baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C – atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg.

Kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat dalam Enervon-C dapat membantu jaga daya tahan tubuh, agar kamu tidak mudah sakit.

Ditambah – Enervon-C bermanfaat untuk optimalkan proses metabolisme. Sehingga, tubuh kamu bisa memperoleh energi yang lebih tahan lama untuk beraktivitas. Manfaat ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C, ya.

Untukmu yang memiliki aktivitas padat, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina agar tetap aktif seharian meski sedang berpuasa – sekaligus menjaga kekebalan tubuh!

Wah, sudah cukup jelas ya ulasan mengenai manfaat konsumsi vitamin C saat sahur. Jadi, yakin masih skip konsumsi vitamin C selama berpuasa?

 

 

Featured Image - parade.com