Menjalani ibadah puasa tentu sebaiknya tetap dibarengi dengan menerapkan berbagai kebiasaan hidup sehat – termasuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Seperti diketahui, kebutuhan dua nutrisi tersebut tidak bisa diperoleh di siang hari. Jadi, mengonsumsi asupan kaya vitamin saat sahur dan berbuka – penting adanya!

Adapun rutin mengonsumsi vitamin C, kamu jadi tidak mudah terserang penyakit, terutama selama berpuasa. Mengingat, Ramadhan kali ini masih dibarengi dengan pandemi – sehingga, harus lebih ekstra dalam menjaga kesehatan diri.

Vitamin C juga berperan untuk meningkatkan penyerapan zinc lho, yang dapat membantu mengurangi risiko anemia. Namun, dari mana sajakah sumber vitamin C dapat diperoleh selama bulan puasa? Berikut ini ada 6 sumber terbaiknya.

Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini.

 

 

Pepaya: Buah yang Kaya akan Vitamin C

Credit Image - alodokter.com

Tahukah kamu bahwa pepaya merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C? Sumber makanan sehat satu ini – dapat kamu konsumsi selama berpuasa, lho. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, pepaya dapat memberi banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuhmu. Ya, ini karena pepaya punya banyak kandungan vitamin di dalamnya.

Dengan rutin mengonsumsi buah pepaya selama berpuasa – daya tahan tubuh pun makin terjaga. Tak hanya itu, buah ini juga dapat bantu melancarkan sistem pencernaan. Jadi, tak perlu lagi ragu untuk konsumsi pepaya saat menjalani ibadah puasa ya.

 

Jeruk, Buah Sehat nan Menyegarkan

Jeruk merupakan makanan kaya sumber vitamin C – yang juga baik dikonsumsi selama berpuasa. Dikenal sebagai buah manis dan menyegarkan – sekaligus berikan banyak manfaat baik, tak heran kalau jeruk disukai oleh banyak orang.

Setelah berbuka, kamu dapat menyantap buah jeruk untuk kembali menyegarkan tubuh dan mengembalikan energi yang hilang. Tapi, pastikan kamu tak mengonsumsi jeruk dalam keadaan perut kosong ya, sebab hal ini mungkin terasa tidak nyaman – terlebih bagi penderita asam lambung.

 

Jambu Biji Untuk Bantu Penuhi Kebutuhan Vitamin C

Credit Image - timesofindia.indiatimes.com

Selanjutnya, vitamin C saat berpuasa – juga dapat diperoleh dengan mengonsumsi jambu biji. Buah yang satu ini menjadi makanan kaya akan vitamin C – baik untuk menjaga sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jambu biji juga memiliki rasa manis yang cocok dikonsumsi ketika berbuka puasa, lho.

Kamu dapat mengonsumsi buah ini secara langsung, atau biar tak bosan – jambu biji dapat diolah menjadi jus yang nikmat dan menyegarkan ketika sahur maupun berbuka. Wah, apakah kamu makin ngiler untuk segera menyantap buah ini?

 

Brokoli: Sayur yang Punya Kandungan Tinggi Vitamin

Pasti sudah banyak yang tahu bahwa brokoli merupakan salah satu jenis sayuran – alias sumber makanan sehat yang kaya akan vitamin C beserta nutrisi penting lainnya. Sayur yang satu ini cocok dikonsumsi secara rutin ketika berpuasa. Ya, apalagi kalau bukan karena manfaatnya untuk menjaga imunitas tubuh.

Untuk menyantap brokoli, kamu dapat masukkan sayuran ini ke dalam menu makanan sahur maupun berbuka puasa. Nah, brokoli bisa diolah menjadi beragam masakan, seperti tumisan, sup, hingga gorengan – yang nikmat tapi tetap menyehatkan.

 

Paprika, Makanan Kaya Vitamin C Lainnya

Credit Image - alodokter.com

Paprika merupakan salah satu jenis sayur yang juga kaya akan vitamin C – sumber makanan ini dapat dikonsumsi secara rutin selama berpuasa ya agar kebutuhan vitamin C dalam tubuh dapat terpenuhi secara maksimal.

Sumber makanan yang satu ini memang tergolong dalam keluarga cabai, tapi kamu tak perlu khawatir – sebab, paprika tidak memiliki rasa pedas kok, rasanya justru cukup manis dan renyah. Untuk mengolahnya, campurkan paprika ke dalam aneka tumisan dan menu masakan lainnya sesuai selera.

 

Ingin yang Lebih Mengenyangkan? Konsumsi Kentang Saja!

Mungkin belum banyak yang mengetahui kalau kentang juga merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin C. Rutin mengonsumsi kentang – dapat bantu menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh, lho. Tapi ingat, hindari makan kentang secara berlebihan ya. Apalagi, makanan satu ini cukup mengenyangkan – jadi, kamu dapat gunakannya sebagai makanan pengganti nasi.

 

Kebutuhan Vitamin C Selama Berpuasa Juga Bisa Dipenuhi Dengan….

Credit Image - klasika.kompas.id

Selain dengan mengonsumsi deretan sumber makanan di atas – kebutuhan vitamin C selama berpuasa juga dapat dipenuhi dengan cara lainnya lho, yaitu rutin mengonsumsi suplemen multivitamin ketika sahur maupun berbuka.

Tapi, suplemen apa yang direkomendasikan?

Kamu disarankan mengonsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks dapat bantu optimalkan proses metabolisme lho. Sehingga, makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi untuk beraktivitas seharian. Wah, dijamin kamu bisa makin produktif nih!

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra terhadap tubuh.

Nah, bagimu yang punya aktivitas padat, dapat konsumsi Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk bantu pertahankan stamina agar tak mudah lelah, sekaligus menjaga kekebalan tubuh.

 

Wah, bagaimana nih? Cukup jelas ya ulasan mengenai sumber makanan kaya akan vitamin C – yang bisa kamu konsumsi selama berpuasa. Apakah kamu sudah mulai rutin konsumsi sejumlah buah dan sayur di atas?

 

 

Featured Image - verywellhealth.com