Melakukan aktivitas fisik selama berpuasa memang dianjurkan untuk bantu menjaga energi dan stamina tubuh. Dari sekian banyaknya jenis olahraga yang dapat dilakukan ketika puasa – meditasi maupun yoga menjadi salah satunya. Manfaat meditasi dapat dirasakan baik untuk kesehatan secara fisik, dan juga mental, lho.

Meditasi merupakan perpaduan latihan pernapasan dan memiliki berbagai pose – yang memang dirancang untuk mendorong relaksasi dan mengurangi stres. Jadi, tak heran banyak yang memilih melakukan kegiatan ini.

Kamu dapat melakukan meditasi secara rutin di sore hari menjelang buka puasa – cocok dijadikan sebagai kegiatan untuk ngabuburit, atau di pagi hari setelah makan sahur. Meditasi tergolong aktivitas yang ringan kok – kamu tak perlu khawatir energi akan terkuras ya.

Nah, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat meditasi dapat dirasakan pada tubuh secara keseluruhan – baik fisik maupun mental. Lalu, apa saja sih sebenarnya manfaat tersebut?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Manfaat Meditasi: Bantu Atur Napsu Makan

Credit Image - halodoc.com

Ternyata, manfaat meditasi juga dapat dirasakan pada pola makan, lho. Meditasi dapat digunakan untuk mendorong perilaku makan sehat, termasuk selama bulan Ramadhan. Mengingat, ketika berpuasa – tak sedikit orang yang justru punya kebiasaan makan berlebihan.

Manfaat meditasi saat berpuasa dapat bantu menurunkan risiko makan berlebihan, meningkatkan energi dan stamina, sekaligus cukup membantu dalam program penurunan berat badan. Ketika meditasi – kemampuan intuitif tubuh dan otak pun ikut terlatih.

Dengan demikian, ketika kamu rutin melakukan meditasi – makan dengan penuh perhatian alias mindful eating dapat diterapkan dalam keseharian. Sehingga, rasa kenyang akan cepat terpenuhi tanpa harus makan berlebihan.

 

Bantu Hilangkan Rasa Stres dan Cemas

Manfaat meditasi yang satu ini – merupakan dampak baik yang paling terkenal, yaitu bantu menjaga kesehatan mental. Meditasi memang dikenal kemampuannya untuk meredakan rasa stres – serta meningkatkan relaksasi. Selain itu, meditasi juga dapat menjadi cara yang tepat untuk mengurangi tingkat kecemasan, lho.

Kondisi pandemi yang serba tidak menentu kerap menimbulkan rasa stres dan kecemasan. Apakah kamu mengalami hal yang sama? Coba atasi masalah tersebut dengan rutin melakukan meditasi ya. Latihan pernapasan – serta berbagai gerakan sederhana dalam aktivitas ini, dapat membantu menurunkan tingkat stres, termasuk selama berpuasa.

 

Meditasi Juga Dapat Mendukung Imun Tubuh

Credit Image - winnetnews.com

Dilansir dari Liputan6, beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat meditasi juga dapat bantu mengurangi peradangan. Efek tersebut dapat memengaruhi sistem imunitas tubuh. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015 – menunjukkan orang yang sering berlatih meditasi memiliki tingkat peradangan yang lebih rendah.

Jadi, melakukan meditasi selama berpuasa memang dapat menjaga daya tahan tubuh – sehingga sistem kekebalan pun semakin kuat dalam melawan berbagai penyakit dan infeksi berbahaya, termasuk virus corona!

 

Kesehatan Jantung Lebih Terjaga

Melakukan meditasi secara rutin juga dapat bantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi beberapa risiko penyakit kardiovaskular. Di sini, meditasi berperan untuk melancarkan pemompaan darah ke seluruh tubuh – yang berfungsi memasok jaringan dengan berbagai nutrisi penting.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa rutin melakukan meditasi – bahkan menjadikannya rutinitas sehari-hari, dapat bantu memperlambat perkembangan penyakit jantung. Latihan relaksasi dalam meditasi membuat sirkulasi darah lebih lancar, terutama di bagian tangan dan kaki.

 

Bantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Credit Image - hot.liputan6.com

Ketika berpuasa, pola tidur dapat berubah – bahkan sampai menganggu kualitas tidurmu. Hal ini mesti diwaspadai, sebab waktu tidur yang buruk dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, termasuk melemahkan imun, meningkatkan risiko obesitas, hingga dapat menyebabkan depresi.

Dengan rutin melakukan meditasi, waktu tidur yang baik pun bisa didapati. Meditasi sudah terbukti dapat meningkatkan sekresi melatonin – hormon yang mengatur tidur dan bangun. Melakukan meditasi di sore hari dapat bantu membuat tidur lebih nyenyak.

 

Tubuh Tetap Sehat Selama Berpuasa, Lakukan Hal Ini Ya!

Menjaga kesehatan tubuh, termasuk memelihara kekebalan – penting dilakukan selama berpuasa. Dengan begitu, tubuh tetap fit dan tak mudah terserang berbagai macam penyakit. Lalu, hal apa saja yang bisa dilakukan?

  • Cukupi kebutuhan gizi – yang mampu menjaga imunitas, sekaligus mempertahankan energi ketika berpuasa.
  • Cukupi cairan tubuh. Minum minimal 8 gelas per hari – yang bisa dibagi saat sahur, berbuka, dan malam hari.
  • Miliki waktu tidur yang berkualitas.
  • Tetap rutin melakukan olahraga, cukup yang ringan saja.
  • Konsumsi menu sahur kaya akan karbohidrat, lemak sehat, dan protein.
  • Penuhi pula kebutuhan vitamin tubuh.

Berkaitan dengan melengkapi kebutuhan vitamin selama berpuasa – hal ini penting dilakukan, sebab vitamin juga berperan penting dalam menjaga kekebalan, sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Adapun vitamin yang paling penting dikonsumsi, yaitu vitamin C dan vitamin B kompleks.

Selain dari sumber makanan, kedua jenis vitamin tersebut bisa diperoleh dari multivitamin yang memiliki kandungan lengkap. Tapi, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Disarankan untuk minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk bantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C – juga dapat optimalkan proses metabolisme, agar makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi untuk beraktivitas seharian, terutama selama berpuasa.

Minum Enervon-C dua kali sehari saat sahur dan berbuka, baik dalam bentuk Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

 

Wah, itulah berbagai manfaat meditasi yang bisa kamu peroleh ketika rutin melakukannya, termasuk saat berpuasa. Apakah kamu tertarik menjalani aktivitas yang satu ini?

 

 

Featured Image - luxina.id