Memasuki bulan Ramadhan, kesehatan tubuh mesti dijaga ekstra. Mengingat, pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung, bahkan belum menunjukkan tanda-tanda berakhir. Menjaga kesehatan saat puasa, tak hanya menyangkut soal pola makan dan istirahat saja, lho – tetapi, melakukan olahraga secara rutin juga sangat dianjurkan.

Olahraga dapat membantu menjaga stamina dan energi – sehingga, tubuh tidak mudah lemas, termasuk saat berpuasa. Selain itu, rutin berolahraga pun ampuh untuk menjaga imun tubuh agar tidak menurun selama pandemi.

Melakukan olahraga di bulan puasa, tak semenyeramkan itu kok. Sebagian darimu mungkin beranggapan bahwa olahraga hanya membuat tubuh makin lemas selama menjalani ibadah puasa. Anggapan ini sudah tentu salah! Olahraga justru membuat tubuh makin bugar, lho. Asalkan dijalani secara tepat, baik waktu melakukannya, hingga jenis olahraga yang dipilih.

Berkaitan dengan jenis olahraga selama berpuasa – apa yang direkomendasikan? Dikutip dari Kumparan, berikut ini 5 olahraga ringan yang cocok dilakukan di bulan Ramadhan.

 

 

Pilates: Olahraga yang Tak Membutuhkan Banyak Tenaga

Credit Image - sehatq.com

Hampir mirip dengan yoga – pilates merupakan olahraga low impact yang tidak membutuhkan banyak energi ketika melakukannya. Yang penting, kamu harus fokus dan berkonsentrasi, sekaligus melakukan gerakan fisik yang selaras.

Selain itu, pilates juga membutuhkan teknik pernapasan khusus, sebab seluruh gerakan tidak bisa dilakukan secara tepat – jika cara pernapasannya salah. Kalau kamu rutin melakukan olahraga ini, tubuh bisa semakin lentur, menguatkan otot, memperbaiki postur, hingga menyeimbangkan tulang belakang.

 

Yoga, Alternatif Lain Selain Pilates

Tak ingin pilates? Kamu bisa lakukan yoga ya! Dapat dikatakan, olahraga satu ini merupakan aktivitas yang sangat cocok dilakukan di bulan puasa. Karena, dalam melakukan yoga – fokus utamanya adalah olah pernapasan.

Gerakan yang dilakukan pun tidak banyak membuang energi kok, jadi risiko dehidrasi pun terbilang cukup rendah. Selama puasa, lakukan yoga usai makan sahur, atau sebelum berbuka – setidaknya 2 jam menjelang waktu berbuka puasa.

 

Jalan Cepat, Olahraga yang Tengah Jadi Tren

Credit Image - kompas.com

Olahraga yang satu ini memang terlihat mudah, tapi jalan kaki atau jalan cepat – ampuh untuk membuat tubuh makin bugar, sekaligus bantu membakar kalori lho. Selain itu, jalan cepat juga dapat meredakan stres.

Lakukan olahraga ini di sore hari menjelang berbuka ya. Tak perlu yang jauh-jauh, cukup keliling di sekitar rumah juga sudah bisa membuatmu berkeringat. Tapi, kalau masih ragu untuk berolahraga di luar ruangan – kamu bisa berjalan cepat di dalam rumah selama 15 menit.

 

Bodyweight Exercise: Pilihan Olahraga Ringan Lainnya

Berikutnya, ada bodyweight exercise yang juga direkomendasikan – untuk dilakukan di bulan puasa. Olahraga yang satu ini terdiri dari serangkaian gerakan, yang difokuskan untuk menguatkan bagian otot tubuh. Mulai dari sit up, push up, squat, lunges, dan jumping jacks.

Apakah kamu juga pernah melakukan olahraga yang satu ini? Kegiatan bodyweight exercise memang tergolong olahraga ringan, namun efektif untuk menambah kebugaran. Jika kamu belum pernah melakukannya – bisa ikuti panduan dari YouTube, atau aplikasi olahraga seperti  7 Minutes Workout yang punya berbagai variasi gerakan.

 

Olahraga Mudah, Naik Turun Tangga Saja

Credit Image - wowkeren.com

Untukmu yang ingin alternatif olahraga lebih mudah, dapat lakukan naik turun tangga. Aktivitas yang satu ini bisa menjadi pengganti lari dan bersepeda, lho. Kalau kamu memiliki rumah dua lantai, lakukan naik turun tangga setiap hari – kalau bisa setelah berbuka puasa.

Agar terhindar dari cedera, lakukan pemanasan terlebih dahulu ya. Selain dapat bantu membakar kalori, naik turun tangga juga dapat melatih kekuatan otot paha dan kaki. Apakah kamu tertarik melakukan olahraga ini?

 

Terapkan Cara Ini Untuk Jaga Energi Saat Berpuasa

Tak hanya olahraga, selama berpuasa kamu juga perlu menerapkan berbagai hal lainnya – untuk bantu menjaga energi tubuh. Apa saja sih yang perlu dilakukan?

  • Tetap pilih asupan makanan yang sehat ketika sahur dan berbuka
  • Kurangi konsumsi makanan tinggi lemak dan gula, ya.
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuhmu – juga penting dilakukan, lho.
  • Istirahat yang cukup
  • Optimalkan dengan memenuhi kebutuhan vitamin, salah satunya dengan rutin mengonsumsi multivitamin lengkap.

Berkaitan dengan poin terakhir, rutin mengonsumsi multivitamin lengkap – memang dapat bantu menjaga energi, sekaligus mempertahankan daya tahan tubuh tetap baik, sehingga kamu tak mudah jatuh sakit.

Lalu, multivitamin apa yang direkomendasikan? Kamu disarankan minum Enervon Active dua kali sehari, yaitu ketika sahur dan berbuka puasa.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat bantu menjaga energi dan stamina – agar tidak mudah lelah meski punya aktivitas padat.

Selain itu, sudah pasti kandungan Vitamin C dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah terserang penyakit selama puasa.

Tak perlu khawatir ya mengonsumsi Enervon Active setiap hari – termasuk selama berpuasa. Sebab, kandungan non acidic Vitamin C aman dikonsumsi oleh perut yang sensitif. Jadi, tetap terasa aman dan nyaman!

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai olahraga ringan yang direkomendasikan saat berpuasa. Berolahraga rutin selama puasa – bisa bikin tubuh makin berenergi, lho. Jadi, jangan lupa untuk melakukannya ya!

Kalau kamu, tertarik dengan olahraga ringan yang mana nih?

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - kumparan.com