Saat ini, umat Muslim di dunia tengah bersuka cita dalam menjalani ibadah puasa. Meski demikian, masih seperti tahun sebelumnya – bulan Ramadhan tetap dibarengi suasana pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai.

Dengan masih berjalannya pandemi Covid-19, sejumlah aturan pun terus diberlakukan – seperti dalam pelaksanaan shalat berjamaah di masjid, termasuk shalat Tarawih. Memang, sebaiknya ibadah ini dilakukan di rumah saja, sehingga risiko penularan virus pun dapat diminimalisir.

Namun, bagi masyarakat yang ingin tetap melakukan ibadah shalat Tarawih di masjid – ada sejumlah aturan yang wajib dipatuhi. Termasuk melaksanakan shalat Tarawih dengan jamaah yang berasal dari lingkungan sama.

Yang perlu diketahui, peraturan Tarawih di masjid tidak boleh dilaksanakan di daerah yang termasuk kategori zona merah dan zona oranye penularan virus corona. Lalu, jika ada di zona hijau – apa saja aturan shalat Tarawih yang mesti dipatuhi?

Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

Shalat Tarawih 2021: Protokol Kesehatan yang Berlaku

Credit Image - voi.id

Jika daerah rumahmu termasuk dalam zona hijau Covid-19 – maka, kemungkinan diperbolehkan untuk menjalani ibadah shalat Tarawih secara berjamaah di masjid. Tapi, ada sejumlah aturan yang wajib dipatuhi – dan diterapkan secara ketat.

Adapun aturan tersebut, yaitu sebagai berikut:

  • Pembatasan waktu kegiatan ceramah dan tausiah maksimal selama 15 menit
  • Masjid atau mushola maksimal diisi 50 persen jamaah saja
  • Menjalani protokol kesehatan secara ketat, seperti menjaga jarak
  • Pengurus masjid wajib menyediakan fasilitas cuci tangan dan melakukan disinfeksi secara rutin

 

Hal Penting Lainnya yang Mesti Diperhatikan

Untuk meminimalisir risiko penularan virus corona – selain memperhatikan sejumlah protokol kesehatan di atas, masih ada poin penting lainnya yang sebaiknya dilakukan. Seperti, melakukan wudhu di rumah terlebih dahulu – sehingga, tidak terjadi kerumunan saat di masjid maupun mushola.

Kemudian, pastikan memilih masjid yang memiliki sirkulasi udara terbuka – hindari berada di ruangan yang tertutup, sebab risiko penularan akan semakin tinggi. Lalu, selalu gunakan masker selama ibadah shalat Tarawih, membawa sajadah sendiri, dan menjaga jarak dengan jamaah lainnya.

 

Langkah Tepat Cegah Penularan Covid-19 Selama Ramadhan

Credit Image - mediaindonesia.com

Bagi masyarakat yang tengah menjalani ibadah puasa di masa pandemi Covid-19 – tetap jaga kesehatan tubuh agar senantiasa terlindungi dari penularan virus. Jalani pola hidup sehat yang meliputi:

  • Hindari melewatkan jam sahur dan berbuka puasa
  • Makan sesuai porsi, jangan berlebihan! Perbanyak konsumsi buah, sayuran, karbohidrat, protein, dan lemak
  • Minum air putih yang cukup, setidaknya 2 liter per hari
  • Olahraga di rumah
  • Tetap jaga kebersihan diri dengan mencuci tangan
  • Ketika bepergian ke luar rumah, pastikan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku

Selain itu, yang tidak boleh dilewatkan – penuhi kebutuhan vitamin, termasuk dengan rutin mengonsumsi suplemen multivitamin. Disarankan, konsumsi suplemen yang mengandung vitamin C – yang berperan penting dalam membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Untuk suplemen, dapat konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang membantu jaga daya tahan tubuh.

Enervon-C tersedia dalam dua jenis, yaitu Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Selain itu, bagi yang memiliki aktivitas padat – disarankan untuk minum Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat dan Zinc untuk bantu menjaga kekebalan tubuh – sertia membantu proses pemulihan.

 

Yuk, terus lindungi diri dan anggota keluarga dengan menerapkan protokol kesehatan – sekaligus menjalani pola hidup sehat, sehingga risiko penularan virus dapat diminimalisir!

 

 

Featured Image - pontianakkota.go.id

Source - instagram.com/@PandemicTalks