Pada masa kehamilan, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya untuk menunjang tubuh kembang janin. Salah satu sumber nutrisi yang dapat diperoleh ibu hamil adalah dari bayam. Sayuran ini mengandung banyak nutrisi serta memiliki banyak khasiat. Lalu apa saja manfaat bayam untuk ibu hamil? Berikut penjelasannya.

Manfaat bayam untuk ibu hamil

Bayam sangat kaya akan vitamin A, C, E, dan K serta magnesium, folat, kalium, dan zat besi. Selain itu, bayam juga merupakan salah satu sumber omega-3, serat, dan flavonoid. Oleh karena itu, bayam sangat baik dikonsumsi selama masa kehamilan. Berikut ini merupakan manfaat bayam untuk ibu hamil:

1. Kaya asam folat

Credit: Honest Docs

Asam folat sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Bayam memiliki kandungan asam folat yang tinggi dan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang belakang serta dapat mencegah terjadinya keguguran. Selain itu, bayam juga dapat meningkatkan produksi sel darah dan mencegah anemia terhadap ibu hamil.

2. Menurunkan stress

Credit: Hello Sehat

Selama masa kehamilan, suasana hati ibu dapat mempengaruhi janin dan begitu juga sebaliknya. Bayam mengandung vitamin B yang dapat bermanfaat untuk menurunkan stress dan memperbaiki suasana hati ibu hamil.

3. Menjaga tekanan darah

Credit: Liputan6

Kandungan nitrat yang ada pada bayam dianggap mampu menjaga sirkulasi darah di dalam tubuh ibu hamil. Tekanan darah pada masa kehamilan harus dipantau dengan baik, karena ibu hamil sangat rentan mengalami preeklampsia dan eclampsia. Kondisi tersebut biasanya terjadi karena tekanan darah meningkat saat hamil dan akhirnya mempengaruhi pertumbuhan janin.

4. Menguatkan imun

Credit: Hipwee

Bayam adalah sayuran yang kaya akan vitamin A dan C. kedua vitamin ini dipercaya sebagai penguat daya tahan tubuh. Dengan begitu, bayam sangat bermanfaat pada masa kehamilan, terutama untuk mengembangkan sel dan penglihatan janin.

5. Baik untuk tulang dan gigi

Credit: Halo Doc

Kalsium yang terkandung dalam bayam dapat membantu menguatkan struktur tulang dan gigi, serta memiliki peran penting untuk membangun saraf yang sehat, otot, dan peredaran darah. Ibu hamil dan menyusui membutuhkan 1000 mg kalsium per hari.

Tips mengolah bayam

Credit: Liputan6

Setelah mengetahui manfaat bayam untuk ibu hamil, kamu juga perlu mengetahui cara mengolahnya agar manfaat dari bayam bisa benar- benar dirasakan.

1. Bayam muda

Daun bayam muda biasanya ada  di salad, dan biasanya dikombinasikan dengan apel, keju segar, hazelnut, dan kerrang- kerangan. Selain memberikan manfaat untuk tubuh, daun bayam muda juga dapat memanjakan lidah kamu karena rasanya yang lezat.

2. Bayam yang sudah dimasak

Khasiat bayam yang sudah matang bisa dirasakan melakui masakan atau campuran tertentu, seperti krim bayam. Krim bayam biasanya dijadikan makanan pendamping saat makan steak, telur, atau ikan.

 

Featured Image - Hello Sehat