Setiap orang pasti setuju kalau menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19, merupakan hal utama yang wajib dilakukan. Hal ini juga berlaku selama menjalani ibadah puasa ya. Jika tubuh selalu dalam kondisi fit – maka sistem imun pun bisa bekerja secara maksimal. Jadi, tubuh tak akan mudah terserang berbagai macam penyakit, termasuk virus corona.

Menjaga kesehatan selama bulan puasa bisa dilakukan dengan berbagai cara lho, salah satunya menerapkan pola hidup sehat – termasuk mengonsumsi makanan penuh gizi. Selain itu, melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral harian, juga tak boleh dilewatkan.

Dari sekian banyaknya jenis mineral, ada satu yang paling diperlukan tubuh – untuk menjaga kekebalan, sekaligus membantu menjalani fungsi sejumlah organ tubuh. Apa sih mineral tersebut? Ya, apalagi kalau bukan zinc.

Tapi, mengapa sih zinc diperlukan selama berpuasa? Apa saja manfaatnya? Dan apa saja sumber makanan yang mengandung zinc?

Untuk menjawab deretan pertanyaan tersebut, berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Mengapa Asupan Zinc Sangat Dibutuhkan Selama Puasa?

Credit Image - cnnindonesia.com

Ketika berpuasa, biasanya sistem kekebalan tubuh dapat melemah – hal ini disebabkan kurangnya asupan makanan dan minuman. Artinya, nutrisi penting pun tidak dapat tercukupi, sehingga risiko mudah lelah dan kehabisan energi dapat dialami. Tak perlu khawatir, kondisi tersebut wajar dialami, karena adanya perubahan pola makan.

Nah, di sinilah peran penting zinc yang berperan untuk menguatkan sistem imun, sehingga kamu tidak mudah sakit – termasuk selama menjalani ibadah puasa.

Zinc dapat mendorong limfosit T – yaitu, salah satu sel darah putih untuk melawan berbagai infeksi dalam tubuh. selain itu, zinc juga berperan untuk memecah karbohidrat, sehingga tubuh bisa memperoleh pasokan energi yang cukup – dan tetap merasa berstamina saat berpuasa.

Lalu, bagaimana kalau mudah terkena flu, maupun gampang sakit ketika puasa? Ada kemungkinan kamu kekurangan asupan zinc. Sebab, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Open Respiratory Medicine Journal – asupan zinc bermanfaat untuk mengurangi parahnya gejala flu, sekaligus mempercepat proses pemulihan.

Jadi, mendapatkan asupan zinc yang cukup bisa membuat ibadah puasa lebih lancar dan nyaman.

 

Bantu Penyerapan Vitamin C Untuk Maksimalkan Perlindungan Tubuh

Credit Image - thekitchn.com

Selanjutnya, zinc juga diperlukan untuk membantu proses penyerapan vitamin C. Dari sekian banyaknya nutrisi, keduanya merupakan kombinasi terbaik. Sebab, jika dikonsumsi secara bersamaan – maka manfaatnya pun lebih terasa.

Sebagian orang mungkin hanya mementingkan asupan vitamin C saja, dan mengabaikan asupan zinc. Padahal, ini merupakan kebiasaan yang salah! Zinc justru dapat membantu memaksimalkan penyerapan vitamin C, lho.

American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa orang yang kekurangan zinc akan mudah terserang berbagai macam bibit penyakit. Selain itu, kekurangan zinc juga dapat mempengaruhi sistem pencernaanmu. Dengan sistem pencernaan yang tidak optimal, penyerapan gizi lainnya termasuk vitamin C pun ikut terganggu.

Oleh karena itu, kamu perlu mencukup asupan zinc harian agar tubuh bisa menyerap vitamin C secara maksimal.

 

Bagaimana Cara Penuhi Asupan Zinc?

Credit Image - topcareer.id

Zinc merupakan makronutien penting yang dapat mendukung imunitas selama berpuasa. Untuk mendapatkan asupan yang satu ini – juga tak sulit kok. Zinc terkandung dalam berbagai sumber makanan yang mudah ditemui, seperti:

  • Daging sapi tanpa lemak
  • Kerang
  • Tiram
  • Kepiting
  • Udang
  • Telur
  • Kentang
  • Susu dan produk olahannya
  • Sayuran berwarna hijau, seperti kangkung
  • Biji-bijian utuh

Namun, untuk kamu yang sibuk dan lebih menyukai hal yang praktis, kamu bisa memenuhi kebutuhan zinc harian dengan mengonsumsi multivitamin seperti Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Berbagai vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, serta mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu tak mudah lelah saat beraktivitas.

Tapi, apakah mengonsumsi multivitamin Enervon Active setiap hari aman dilakukan? Aman kok! Karena kandungannya yang termasuk dalam jenis vitamin larut air, jadi mudah diserap tubuh dan sisa zat yang tidak diperlukan akan di keluarkan melalui urin.

Selain itu, kandungan non-acidic Vitamin C juga aman dikonsumsi bagi kamu yang memiliki perut sensitif. Jadi, tak perlu khawatir lambung terasa nyeri!

 

Dari penjelasan di atas – sudah cukup jelas ya bahwa zinc memiliki berbagai manfaat baik, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh. Jadi, jangan lupa untuk selalu penuhi asupan zinc selama berpuasa ya.

 

 

Featured Image - honestdocs.id

Source - kompas.com