Sejak pandemi Covid-19, perilaku hidup sehat merupakan prioritas yang kerap dijalani masyarakat. Bukan tanpa alasan, hal tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan tetap prima – sekaligus mengurangi risiko terjadinya penularan virus.

Sejatinya, gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti rutin berolahraga, memperhatikan asupan makanan, hingga memiliki waktu istirahat yang cukup. Yang tidak boleh dilupakan – yaitu rutin memenuhi kebutuhan vitamin, terutama Vitamin C dan Vitamin B Kompleks.

Perlu diketahui, keduanya memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh, sekaligus mempertahankan fungsi tubuh agar tetap optimal. Lebih lanjut mengenai peran Vitamin C dan Vitamin B Kompleks selama pandemi, berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Vitamin C: Nutrisi Penting Selama Pandemi

Credit Image - food.detik.com

Sudah tidak lagi asing, kalau Vitamin C merupakan nutrisi yang berperan penting dalam menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi, apa sih peran vitamin yang satu ini – dalam meningkatkan imun?

Dalam perannya meningkatkan imunitas tubuh – Vitamin C dapat mendorong produksi sel darah putih, yang disebut limfosit dan fagosit. Keduanya dapat membantu melindungi tubuh dari serangan virus penyebab infeksi. Jadi, sudah jelas bahwa Vitamin C sangat diperlukan di masa pandemi – terutama untuk mengurangi risiko terinfeksi virus.

Kemudian, Vitamin C juga membantu kinerja sel darah putih jadi lebih efektif dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Berperan sebagai antioksidan dan memeberikan perlindungan terhadap kulit. Selain itu, Vitamin C juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka, lho.

 

Bagaimana Dengan Vitamin B Kompleks?

Credit Image - healthwisechiropractic.net

Tahukah kamu bahwa Vitamin B Kompleks juga berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh? Sayangnya, manfaat ini masih jarang diketahui banyak orang.

Sejatinya, Vitamin B Kompleks terdiri dari 8 jenis vitamin – yang dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan. Tetapi, jenis Vitamin B yang punya andil besar, yaitu Vitamin B6.

Berdasarkan studi yang dirilis oleh PubMed, tubuh yang kekurangan vitamin B6 dapat mempengaruhi respons imun karena produksi antibodi yang terganggu.

Vitamin B6 dapat membantu mengontrol kadar homosistein dalam darah, serta mengoptimalkan penyerapan Vitamin B12. Selain itu, Vitamin B6 pun dapat memproduksi sel sistem kekebalan tubuh dan sel darah merah.

Berarti, kebutuhan Vitamin B6 yang sudah tercukupi dapat berdampak langsung terhadap peningkatan sistem imunitas tubuh – karena, produksi antibodi pun ikut meningkat.

Selain Vitamin B6, ada pula Vitamin B2 juga memiliki peran dalam meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin tersebut berperan untuk membantu metabolisme makanan sehingga dapat diubah jadi energi, sehingga tubuh tidak mudah lemas dan daya tahan tubuh tidak ikut menurun.

Tak ketinggalan, Vitamin B12 yang sangat berperan besar dalam proses metabolisme tubuh. Jika kamu kekurangan asupan vitamin ini – respons imunitas dapat menurun, terutama ketika sedang diserang infeksi virus maupun bakteri. Jadi, memenuhi kebutuhan Vitamin B12 memiliki kaitan erat dengan meningkatkan kekebalan tubuh ya.

 

Bagaimana Cara Penuhi Kebutuhan Keduanya?

Credit Image - jbtc.com

Usai mengetahui kedua peran vitamin tersebut dalam meningkatkan daya tahan tubuh – kini, sudah saatnya kamu memenuhi kebutuhan Vitamin C dan Vitamin B Kompleks setiap hari. Tapi, bagaimana sih cara tepatnya?

Memenuhi kebutuhan kedua vitamin ini bisa dengan rutin mengonsumsi sejumlah buah dan sayur. Untuk Vitamin C dapat diperoleh dari – jeruk, stroberi, kiwi, apel, pepaya, mangga, bayam, kale, kembang kol, brokoli, dan kubis.

Sementara, untuk Vitamin B Kompleks dapat kamu temui pada daging merah, ikan, produk susu dan olahannya, pasta, telur, gandum, dan biji-bijian.

Tapi tahukah bahwa memenuhi kebutuhan Vitamin C dan Vitamin B Kompleks tak cukup hanya dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan di atas? Untuk itu, kamu sangat direkomendasikan minum multivitamin, seperti Enervon-C setiap hari!

Enervon-C merupakan multivitamin yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Selain itu, Enervon-C juga dapat optimalkan proses metabolisme tubuhmu, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi energi yang lebih tahan lama!

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – kalau yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan bisa berikan perlindungan ekstra, lho.

Untuk yang memiliki aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active – mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk bantu menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu!

 

Jadi, tunggu apa lagi? Sudah saatnya kamu rutin memenuhi kebutuhan Vitamin C dan Vitamin B Kompleks – untuk bantu menjaga daya tahan tubuh. Yuk, konsumsi sumber makanan yang kaya kedua vitamin ini, dan optimalkan dengan minum multivitamin!

 

 

Featured Image - today.com

Source - kompas.com