Sama seperti tahun sebelumnya, bulan Ramadhan kali ini masih dibarengi dengan pandemi Covid-19. Meskipun program vaksin terus berjalan – tetapi, ingatlah bahwa protokol kesehatan tetap wajib dijalani secara lengkap dan ketat. Sebab, sudah mendapat vaksin bukan berarti kebal seutuhnya dari ancaman infeksi virus.

Di tengah bulan puasa, tak jarang masyarakat yang mendapatkan undangan berbuka bersama. Apakah kegiatan tersebut aman dilakukan selama pandemi? Sebenarnya, berbuka bersama – tergolong aktivitas dengan risiko tinggi penularan virus.

Sebab, selama acara buka puasa berlangsung, biasanya masyarakat menjadi semakin lengah akan protokol kesehatan – terutama ketika sedang makan bersama. Jadi, memang ada baiknya tetap berbuka puasa di rumah saja.

 

 

Buka Puasa Bersama di Tengah Pandemi, Apa Risikonya?

Credit Image - kompas.com

Memang, sebetulnya masyarakat lebih disarankan untuk berbuka puasa di rumah saja. Selama bulan Ramadhan – sebisa mungkin kurangi aktivitas buka bersama. Jadi bukalah di rumah – atau di tempat yang tidak ramai. Mengingat, ketika makan dan minum – masyarakat mesti membuka masker. Di momen tersebut, penularan virus akan terjadi.

Belum lagi, acara buka bersama cenderung dilaksanakan di restoran dengan ruangan tertutup. Jika kapasitas ruangan terisi penuh 50 persen – maka hal ini sudah tidak lagi efektif dalam mencegah warga terpapar virus corona. Dalam kata lain, kegiatan tersebut dapat meningkatkan risiko penularan virus, ditambah dengan menurunnya kewaspadaan ketika acara berlangsung.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Buka Bersama Selama Pandemi

Credit Image - halodoc.com

Jika kamu terpaksa harus mengikuti kegiatan buka bersama di luar rumah selama pandemi, berikut ini ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

  • Pastikan tempat atau lokasi buka bersama sudah memiliki faktor Ventilasi-Durasi-Jarak. Sirkulasi udara sudah baik, durasi tidak terlalu lama, dan adanya penerapan jaga jarak di restoran atau tempat makan
  • Jauh ruangan tertutup tanpa ventilasi dan sirkulasi udara
  • Buka masker hanya saat makan saja. Ketika mengobrol pastikan menggunakan masker
  • Ganti masker usai makan, dan segera buang
  • Sering cuci tangan, terutama setelah menyentuh benda publik dan orang lain
  • Hindari foto bersama tanpa memakai masker

 

Tetap Optimalkan Imun Tubuh!

Credit Image - ilovelife.co.id

Menjaga kekebalan tubuh selama pandemi – memang merupakan faktor terpenting yang mesti dilakukan. Ya, seperti diketahui, imun tubuh punya peran penting sebagai perlindungan utama dalam menghindari paparan virus.

Jika imun sudah kuat, maka risiko terinfeksi virus pun akan berkurang. Begitu pula sebaliknya – individu yang memiliki kekebalan tubuh lemah – biasanya akan lebih mudah untuk terserang berbagai macam penyakit, termasuk Covid-19.

Lalu, apa yang mesti dilakukan untuk menjaga imun tubuh tetap kuat? Kamu sangat dianjurkan menjalani gaya hidup sehat, seperti memiliki pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga — aktif bergerak bisa kurangi risiko infeksi virus, miliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, serta kelola stres dengan baik.

Selain itu, penuhi juga kebutuhan vitamin harian — terutama vitamin C yang berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Vitamin yang satu ini juga bisa didapat dengan rutin mengonsumsi suplemen multivitamin.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C baik yang dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan mampu berikan perlindungan ekstra terhadap tubuh, apalagi buatmu yang sudah sering bepergian ke luar rumah.

Untuk yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

 

Jadi, selama pandemi usahakan untuk mengurangi berbagai aktivitas di luar rumah – termasuk buka bersama. Jika harus bepergian, pastikan menerapkan protokol kesehatan secara lengkap, sehingga risiko terpapar virus dapat diminimalisir.

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - instagram.com/@Pandemictalks