Mengatur menu masakan saat bulan puasa, baik untuk sahur dan berbuka sepertinya hal yang cukup sulit dilakukan. Mengingat, sebagian besar orang justru sering kalap – dah malah memasak menu yang berlebihan. Tak jarang, makanan jadi terbuang sia-sia, karena kamu sulit mengatur menu masakan. Wah, mubazir sekali ya!

Untuk itu, pastikan kamu mengetahui cara mengatur menu makanan keluarga selama bulan puasa. Jadi, makanan yang dimasak tidak terlalu berlebihan – dan, akhirnya mesti dibuang. Kebiasaan ini tak boleh dibiarkan, lho. Ingat, masih banyak orang di luar sana yang tidak sulit untuk membeli makanan. Jadi, masak secukupnya.

Lantas, hal apa saja yang mesti diterapkan untuk mengatur menu masakan selama bulan puasa – sehingga tidak mubazir? Berikut ini ulasan lengkapnya!

 

 

Pilih Bahan Makanan yang Tak Mudah Basi

Credit Image - blibli.com

Tips pertama yang perlu diperhatikan, yaitu pilihlah bahan makanan yang bisa bertahan lama alias tak mudah basi. Seperti diketahui, ada beberapa jenis makanan – yang mudah basi, apalagi jika dihangatkan terus menerus. Selain basi, memanaskan masakan justru bisa mengurangi kandungan nutrisinya, lho.

Maka dari itu, kamu wajib memilih menu masakan dengan bahan dasar – yang lebih tahan lama. Sehingga, kalau tidak habis dimakan saat berbuka puasa, kamu masih bisa menikmatinya di waktu sahur. Cara ini juga ampuh untuk menghemat pengeluaran!

 

Hindari Memasak Menu Secara Berlebihan

Ketika bulan puasa, ingatlah untuk menyiapkan menu secukupnya saja. Walaupun bulan Ramadhan merupakan momen istimewa – tapi, bukan berarti boleh menghidangkan menu masakan secara berlebihan ya. Awas, nanti mubazir, lho.

Jadi, masaklah secukupnya. Lebih baik lagi, kalau kamu menyajikan makanan sesuai dengan porsi sejumlah anggota keluarga. Misalnya, kalau di rumah ada lima orang, berarti masak untuk porsi lima orang – bisa juga ditambah sedikit.

 

Pilih Menu yang Digemari Anggota Keluarga

Credit Image - cnnindonesia.com

Memilih memasak menu yang disukai seluruh anggota keluarga – juga menjadi cara ampuh untuk menghindari makanan terbuang sia-sia. Sebab, semuanya pasti akan menyantap lahap menu yang tersaji, sehingga makanan tidak akan berakhir di tempat sampah ya.

Kamu juga boleh menghidangkan dua sampai tiga menu yang sekiranya disukai anggota keluarga – jika setiap orang punya selera yang berbeda. Kuncinya, menu yang akan kamu racik mesti disukai oleh semua.

 

Jangan Lupa, Berbagi Makanan Dengan Orang Lain

Bulan Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk saling berbagi. Jika kamu tidak sengaja memasak dengan jumlah yang cukup banyak – maka, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagi dengan orang di sekitarmu.

Baik itu kerabat, teman, maupun tetangga. Cara yang satu ini ampuh membantu mengurangi risiko makanan terbuang sia-sia. Selain itu, berbagi makanan kepada orang lain juga dapat mempererat tali silaturahmi.

 

Atur Menu Buka dan Sahur Secara Bijak

Credit Image -  orami.co.id 

Menyajikan menu yang bisa dinikmati saat berbuka dan sahur? Bukan masalah! Justru, hal ini termasuk cara yang bijak – sehingga bahan makanan yang ada di rumah tidak akan terbuang sia-sia. Tapi, untuk melakukannya diperlukan pengaturan yang baik ya.

Misalnya, kamu dapat menyajikan menu yang tahan lama selama beberapa hari – seperti roti, kering tempe, kentang, maupun abon. Sehingga, jika ada anggota keluarga yang kurang menyukai menu yang disajikan, masih ada menu alternatif lainnya.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai tips mengatur menu makanan selama bulan puasa – agar tidak terbuang sia-sia. Lantas, apakah kamu sudah mulai menerapkan sejumlah cara tersebut?

 

 

Featured Image - resepkoki.id

Source - popmama.com