Lebaran segera tiba! Apakah kamu termasuk yang melakukan aktivitas mudik, meskipun di tengah pandemi Covid-19? Walau sebenarnya masyarakat diimbau untuk menghindari kegiatan yang satu ini – tapi, nyatanya masih banyak yang ingin mudik, termasuk untuk kepentingan yang darurat.

Mudik merupakan rutinitas tahunan yang selalu dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kegiatan ini bertujuan agar dapat berkumpul dengan keluarga besar – dan merayakan lebaran bersama. Sayangnya, kegiatan mudik akan sedikit terhambat, dikarenakan pandemi yang masih berlangsung.

Baik menggunakan kapal, pesawat, kereta api, maupun mobil pribadi – menjalani upaya pencegahan penularan virus, sekaligus menjaga kesehatan sepanjang perjalanan sangatlah penting, lho. Dengan demikian, kamu tidak mudah terserang berbagai macam penyakit, dan mudik dapat berjalan lancar!

Lalu, apa saja sih yang mesti dilakukan untuk menjaga kesehatan saat mudik selama pandemi? Simak ulasannya berikut ini.

 

 

Tetap Jaga Imunitas Tubuh!

Credit Image - kapanlagi.com

Langkah pertama – dan yang paling penting, yaitu tetap mempertahankan imunitas tubuhmu dan keluarga. Mendukung kekebalan tubuh secara maksimal, merupakan cara terampuh untuk mencegah penyakit selama perjalanan.

Tapi, bagaimana cara meningkatkannya? Kamu dianjurkan untuk memiliki pola makan yang sehat, serta mengonsumsi camilan sehat kaya gizi. Misalnya, perbanyak asupan buah-buahan dan sayuran, terutama yang kaya Vitamin C maupun Vitamin B Kompleks.

 

Mudik Bukan Berarti Begadang Lho, Cukupi Kebutuhan Tidurmu Ya

Kegiatan mudik memang identik dengan begadang, apakah kamu setuju? Tapi, sebisa mungkin hindari kebiasaan tersebut! Ingatlah bahwa tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh, baik saat sebelum mudik – serta selama perjalanan.

Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang tidak memiliki waktu tidur cukup, cenderung lebih mudah jatuh sakit setelah terpapar oleh virus. Mengingat, Covid-19 masih mewabah – jadi, coba perhatikan kembali waktu tidurmu ya!

Coba pertimbangkan untuk membawa bantal perjalanan dan penyumbat telinga – yang dapat meredam bising selama perjalanan, sehingga tidurmu dapat lebih nyenyak.

 

Jaga Hidrasi Tubuh

Credit Image - halodoc.com

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuhmu selama masa mudik, lho. Jadi, berada di perjalanan dalam waktu yang cukup lama – bukanlah alasan untuk tidak minum air putih ya!

Untuk menyiasatinya, bawalah botol air minum dan letakkan di beberapa tempat yang mudah dijangkau. Perlu juga diketahui – kamu akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk, jadi pastikan asupan cairan tidak kurang.

 

Cuci Tangan Teratur dan Sanitasi Permukaan Benda

Selama pandemi Covid-19, mencuci tangan secara rutin – sepertinya menjadi kebiasaan esensial yang wajib dilakukan. Ya, apalagi kalau bukan untuk menghindari adanya kontaminasi virus. Meski demikian, masih banyak orang yang sering lupa akan kebiasaan cuci tangan nih.

Ketika bepergian, kamu dapat menyentuh berbagai permukaan, yang mungkin saja sudah sering disentuh orang lainnya. Permukaan tersebutlah yang paling kotor, misalnya, pegangan pintu, menyentuh counter, hingga toilet umum. Jadi, bersihkan tangan secara rutin!

Jika kamu bepergian menggunakan transportasi umum, sebaiknya bersihkan area tempat duduk, apalagi kalau membawa anak-anak. Jangan lupa untuk selalu sedia cairan pembersih tangan – atau semprotan disinfektan ya.

 

Konsumsi Suplemen: Untuk Dukung Imunitas Tubuh

Credit Image - klikdokter.com

Agar kesehatan semakin terjaga selama mudik, pastikan kamu tetap rutin mengonsumsi suplemen. Tapi, vitamin apa yang wajib dipenuhi setiap hari – sehingga kekebalan tubuh dapat terjaga maksimal? Kamu sangat direkomendasikan rutin mengonsumsi Vitamin C, termasuk dengan minum suplemen.

Disarankan untuk minum suplemen Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C Effervescent – yang satu ini memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan mampu berikan perlindungan ekstra.

Untuk yang punya aktivitas padat, disarankan minum Enervon Active dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuhmu!

 

Jadi, apakah kamu akan mudik di masa pandemi Covid-19 ini? Pastikan menerapkan sejumlah tips di atas, agar imunitas tetap terjaga – dan tubuh dapat terhindar dari risiko terinfeksi virus!

 

 

Featured Image - klikdokter.com