Kamu pasti setuju, kalau menjelang hari raya Idul Fitri, kesehatan tubuh mesti dijaga dengan baik. Ya, meskipun lebaran kali ini masih disarankan dirayakan di rumah saja – tapi, dengan tubuh yang fit, maka momen spesial pun dapat dilewatkan dengan baik. Jadi, jangan biarkan penyakit merusak suasana hari kemenangan tersebut ya!

Lantas, apa saja sih yang mesti dilakukan agar kesehatan terjaga jelang hari raya lebaran? Tak perlu upaya yang repot kok. Masih ada berbagai langkah mudah – seperti menerapkan sistem kekebalan. Kalau begini – Idul Fitri dijamin tak akan terganggu.

Dilansir dari berbagai sumber – berikut ini enam tips yang bisa kamu terapkan, agar imun tubuh tetap terjaga jelang hari raya Idul Fitri.

Yuk, simak ulasannya sampai habis!

 

 

Terapkan Pola Makan Sehat

Credit Image - topcareer.id

Langkah pertama – dan paling banyak disarankan, yaitu sumber energi dalam menjalani ibadah puasa, lho.

Kamu disarankan perbanyak makan sayur, buah-buahan, dan biji-bijian utuh – seperti oat dan nasi merah. Dan, selama berpuasa, coba batasi makanan tinggi lemak dan gula ya. Pastikan kamu selalu konsumsi hidangan sehat seimbang, yang terdiri dari karbohidrat, serat, dan protein.

Tak perlu khawatir, karena ada berbagai macam menu sederhana yang bisa dipilih kok, seperti nasi, bayam, dan ikan.

 

Hindari Makanan Tinggi Gula Ya!

Jelang lebaran, pasti akan ada banyak hidangan yang mengandung tinggi gula, seperti aneka kue kering, minuman manis, dan lain sebagainya. Ini bukan berarti kamu tak boleh makan kok – hanya saja, perhatikan porsi yang dikonsumsi ya.

Gula memang dibutuhkan oleh tubuh, namun kalau konsumsinya berlebihan justru dapat menyebabkan penyakit berbahaya lho, seperti diabetes. Nantinya, dari satu penyakit – juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Untuk menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh, lagi-lagi kamu disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan setiap harinya.

 

Jangan Lupa, Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Credit Image - idntimes.com

Nah, hal yang satu ini masih seringkali disepelekan – bahkan dilupakan! Padahal, kekurangan asupan cairan tubuh akan menyebabkan dehidrasi, dan berujung pada tubuh yang mudah lemas. Selain itu, dehidrasi juga dapat membuatmu sulit berkonsentrasi dan sakit kepala.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih, bukannya minuman berasa ya! Disarankan minum air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas setiap harinya. Jadi, terus pastikan cairan tubuh tercukupi – agar tubuh selalu terhidrasi.

 

Sempatkan Untuk Berolahraga

Olahraga merupakan kegiatan penting untuk membuat tubuh tetap segar dan bugar. Tak perlu repot pergi ke tempat gym kok – kamu dapat melakukan olahraga ringan di rumah. Jadi, berpuasa bukan alasan untuk tidak berolahraga ya.

Menjelang lebaran, ada sejumlah aktivitas fisik alternatif yang bisa kamu lakukan nih. Seperti apa sih kegiatan tersebut? Misalnya, melakukan pekerjaan rumah, seperti menyapu dan mengepel lantai. Aktivitas ini bisa membakar hingga 160 kalori dalam 20 menit, lho. Biar tidak terlalu lelah, lakukan olahraga menjelang berbuka puasa.

Kalau kamu memilih untuk membersihkan rumah sebagai olahraga alternatif – jangan lupa perhatikan bahan pembersih yang digunakan. Hal ini dikarenakan beberapa bahan pembersih dapat menyebabkan iritasi dan alergi.

 

Istirahat yang Cukup

Credit Image - tirto.id

Ingatlah bahwa tubuh juga harus mendapatkan istirahat yang cukup. Kalau kekurangan waktu tidur – tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan, mulai dari menurunnya kekebalan tubuh, hingga sistem pencernaan yang terganggu.

Selama bulan Ramadhan, waktu tidurmu mungkin berkurang – tapi tak perlu khawatir, tidur siang bisa menggantikan waktu istirahat. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, maka energi pun dapat bertambah, suasana hati membaik, dan daya ingat semakin meningkat!

 

Optimalkan Dengan Konsumsi Multivitamin!

Kamu pasti sudah tahu bahwa untuk menjaga imun tetap optimal – tentu, diperlukan dukungan dari sejumlah vitamin, terutama Vitamin C dan Vitamin B Kompleks. Dengan memenuhi kebutuhan kedua vitamin tersebut, sistem kekebalan akan semakin kuat dan tubuh pun tak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Tapi, tahukah kamu bahwa kebutuhan Vitamin C dan Vitamin B Kompleks – mungkin tidak tercukupi hanya dengan konsumsi makanan saja? Untuk itu, kamu sangat disarankan mengonsumsi multivitamin secara rutin.

Lantas, multivitamin seperti apa yang direkomendasikan? Nah, produk multivitamin dari Enervon bisa menjadi pilihan yang tepat!

Kamu dapat minum multivitamin Enervon-C tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Untuk perlindungan ekstra, dapat konsumsi Enervon-C Effervescent – yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg. Cocok diminum bagi yang sudah melakukan berbagai aktivitas di luar rumah!

Dan, bagi yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan imunitas!

 

Yuk, terapkan sejumlah tips di atas agar kekebalan tubuh tetap terjaga menjelang hari raya Idul Fitri. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image - jakartanotebook.com

Source - tagar.id