Lebaran segera tiba! Momen yang satu ini memang paling dinantikan bagi seluruh umat Muslim setelah melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Lebaran dianggap istimewa lantaran silaturahmi yang semakin terjalin antar sesama. Tapi, mengingat masih pandemi – kamu disarankan untuk lebaran di rumah secara virtual saja ya.

Meskipun merayakan lebaran di rumah – tapi, berbagai macam hidangan pun tetap tersaji di hari raya tersebut. Terkadang, banyaknya hidangan sering membuat napsu makan meningkat. Tiap tahun pasti kamu merasakan hal tersebut ya?

Tapi, tak perlu cemas berat badan akan naik ya. Sebab, ada sejumlah cara yang dapat kamu terapkan untuk menjaga pola makan tetap sehat selama hari raya Idul Fitri. Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Pilih Prioritas Makan

Credit Image - womantalk.com

Banyaknya hidangan yang disajikan di hari lebaran – tentu membuat napsu makan meningkat dan menjadi kalap ya. Banyaknya menu khas yang hanya tersaji pada Idul Fitri saja seringkali menjadi penyebab kamu makan lebih banyak.

Hal tersebut dapat diatasi dengan tetap menjaga prioritas asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam batas normal. Jadi, pilih makanan yang sehat terlebih dahulu – dan kurangi asupan makanan yang kurang sehat ya!

 

Menjaga Pola Makan Tetap Normal

Di hari raya, napsu makan seringkali menjadi terkontrol. Apakah kamu setuju? Sehingga, akibatnya pola makan menjadi kacau. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi kinerja sistem pencernaan, dan metabolisme tubuh pun akan terganggu.

Untuk itu, selama lebaran pastikan kamu tetap menjaga pola makan yang baik – agar kesehatan tubuh terjaga. Konsumsi makanan sehat di waktu yang sama secara rutin setiap harinya. Dengan demikian, sistem pencernaan dan metabolisme tetap berjalan lancar.

 

Berhenti Makan Saat Kenyang Ya!

Credit Image - doktersehat.com

Berbagai hidangan lezat saat lebaran, mulai dari masakan gurih hingga bersantan – memang menggugah selera ya. Sebenarnya, tidak apa-apa kalau kamu ingin mengonsumsi sejumlah makanan tersebut, tapi tetap perhatikan porsinya. Napsu makan yang sulit dikontrol, dapat menyebabkan kamu berlebihan makan, lho.

Perlu diwaspadai bahwa makan berlebihan dapat berdampak buruk pada sistem pencernaan. Jadi, pastikan kamu berhenti untuk makan, sebelum perut terisi penuh. Sesuai ajaran dan Sunnah, selalu sediakan ruang bagi pencernaan untuk makanan, udara, dan air yang cukup.

Memang, yang berlebihan tidak selalu baik!

 

Konsumsi Sayur Lebih Banyak

Menjaga pola makan tetap sehat selama lebaran juga dapat dilakukan dengan tetap mengonsumsi sumber serat, seperti sayuran lho. Ingat, hari lebaran – bukan berarti kamu boleh libur untuk makan sayuran, maupun makanan sehat lainnya ya!

Tetap tambahkan sayuran pada hidangan yang akan dikonsumsi. Usahakan untuk membuat komposisi 50 persen sayuran segar dan menyehatkan, 25 persen karbohidrat, dan 25 persen lauk pauk – seperti daging atau sumber protein lainnya

 

Batasi Konsumsi Lemak Jenuh, Gula, dan Garam

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Olahan daging berlemak dan berbahan dasar santan sering menjadi andalan pada hidangan khas lebaran. Mulai dari opor ayam, hingga rendang – hampir semuanya punya kandungan tinggi lemak. Nah, kamu mesti tetap membatasi porsi konsumsinya ya.

Selain kandungan lemak jenuh, pastikan kamu menghindari konsumsi gula berlebihan. Sebab, hal tersebut akan meningkatkan kalori – dan kadar gula berlebih dalam tubuh. Akibatnya, berbagai risiko penyakit seperti diabetes pun meningkat.

Dan, makanan tinggi garam juga mesti dibatasi, lho. Kamu patut waspada terhadap jenis makanan seperti ini. Sebagai gantinya, konsumsi makanan yang kaya akan rempah – maupun bumbu lain yang lebih menyehatkan.

 

Jaga Kesehatan Saat Lebaran, Optimalkan Dengan Konsumsi Multivitamin

Ingin kesehatan makin optimal di momen lebaran? Pastikan kamu juga sudah mencukupi kebutuhan vitamin harian ya. Selain dari makanan – vitamin juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen maupun multivitamin.

Kamu direkomendasikan untuk minum Enervon-C tablet mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kemudian, kandungan Vitamin B Kompleksnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, sehingga makanan yang dikonsumsi – dapat diubah menjadi sumber energi. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lemas ya!

Nah, untukmu yang ingin perlindungan ekstra – direkomendasikan minum Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Dan, bagi kamu yang punya rutinitas padat, disarankan mengonsumsi Enervon Active, yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk membantu jaga stamina agar tidak mudah lelah – serta menjaga daya tahan tubuh.

 

Nah, itulah keenam tips yang dapat kamu lakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga di momen lebaran nanti. Jadi, pastikan kamu menerapkan pola makan di atas – sehingga tubuh tetap bugar ya!

 

 

Featured Image - bisniswisata.co.id