Tinggal di kota- kota besar seperti Jakarta dapat membuat masyarakatnya memiliki risiko terpapar polusi udara sepanjang hari. Hal ini ternyata turut memengaruhi sistem imun tubuh yang membuat seseorang menjadi rentan terpapar penyakit.

Ada tiga hal yang dapat memengaruhi sistem imun seseorang, yaitu polusi udara, perubahan suhu, dan bekerja di ruangan yang tertutup. Dengan begitu, sistem imun tubuh akan bekerja lebih keras sehingga pada akhirnya tubuh akan jadi lebih rentan terserang penyakit dari virus dan kuman.

Credit: Megapolitan Kompas

Tidak ada polusi udara saja sistem imun tubuh bekerja selama 24 jam. Lama kelamaan hal ini dapat membuat sistem imun menjadi lelah. Selain itu polusi juga menarik vitamin C dari dalam tubuh. padahal vitamin C merupakan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Begitu juga dengan perubahan suhu serta terlalu lama bekerja di dalam ruangan. Kedua hal tersebut juga dapat membebani sistem imun tubuhmu.

Vitamin C sendiri tidak cukup jika hanya diperoleh dari makanan yang kamu konsumsi sehari- hari. Karena, kerentanan setiap orang terhadap virus dan kuman berbeda- beda tergantung pada aktivitas yang dijalani dan lingkungan sekitar.

Untuk itu, penting bagi masyarakat yang terpapar polusi untuk mendapatkan asupan vitamin C dari suplemen tambahan, selain itu asupan zinc juga ikut memberi dampak positif pada daya tahan tubuh.

Mengapa vitamin C penting untuk membantu jaga daya tahan tubuh terutama bagi yang sering kena polusi udara?

Mengonsumsi makanan dan suplemen vitamin C penting bagi daya tahan tubuh, terutama bagi kamu yang sering terkena paparan polusi udara.Berikut beberapa fungsi vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuhmu:

1. Meningkatkan kinerja sel natural killer

Credit: Hipwee

Natural killer (NK) merupakan salah satu bagian alami sistem daya tahan tubuh. vitamin C akan mengaktifkan sel- sel NK sehingga sistem kekebalan tubuh memiliki pelindung ekstra dari berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kanker. Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja sel- sel NK adalah dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin.

2. Mendukung fungsi neutrofil

Credit: Alo Dokter

Neutrofil merupakan sejenis sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi penyakit dan menghancurkan bakteri. Salah satu cara mendukung bekerjanya neutrofil dengan baik adalah rutin mengonsumsi vitamin C, yang dapat membantu neutrofil dalam membunuh dan menangkal serangan dari virus serta bakteri buruk dalam tubuh.

3. Mempertahankan jumlah limfosit

Credit: Kumparan

Limfosit merupakan jenis sel darah putih yang bertanggung jawab untuk merespons imun ketika virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Jika jumlah limfosit menurun, maka kemampuan tubuh dalam melawan infeksi akan turut berkurang. Agar limfosit tidak menurun, kamu perlu mengonsumsi vitamin C secara rutin, karena vitamin C dapat membantu meningkatkan kinerja limfosit dalam melacak virus dan bakteri penyakit.

4. Meningkatkan kerja immunoglobulin

Credit: Dokter Sehat

Immunoglobulin merupakan protein yang diproduksi tubuh untuk membantu melawan zat asing di dalam tubuh. Ketika seseorang sakit, tubuh akan menghasilkan immunoglobulin untuk melawan penyakit tersebut.

 

Featured Image - Megapolitan Kompas