Apakah kamu pernah mengalami badan yang mudah lelah, bibir pecah, menurunnya imunitas tubuh. Jangan sampai disepelekan ya!

Imunitas alias kekebalan tubuh merupakan senjata utama yang berfungsi untuk memberikan perlindungan dari serangan partikel bebas – atau patogen yang masuk ke dalam tubuh. Patogen dapat berupa kuman, virus, maupun bakteri. Nah, ketika imun melemah, maka perlindungan tubuh pun berkurang.

Jadi, tak jarang dari imunitas yang melemah – kemudian, kamu mengalami panas dalam dan akhirnya berbagai masalah kesehatan lainnya pun ikut bermunculan. Tentunya, kamu tidak ingin hal tersebut terjadi padamu ya?

Untuk itu, menjaga sistem kekebalan tubuh tetap optimal menjadi hal yang penting diperhatikan. Lantas, apa saja sih gejala panas dalam – yang disebabkan oleh imun tubuh menurun? Dan, bagaimana cara mengatasinya?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!
 

 

Imun Melemah Dapat Sebabkan Panas Dalam: Ini Gejalanya

Credit Image - primadaily.com

Perlu diingat bahwa kinerja sistem kekebalan tubuh tidak boleh disepelekan, lho. Sebab, hal yang satu ini – menjadi ‘senjata’ utama dalam melawan berbagai macam virus, bakteri, dan kuman yang bisa menyerang tubuh. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19 – menjaga imun tetap kuat menjadi poin utamanya!

Panas dalam merupakan salah satu gangguan tubuh yang menyerang, ketika sistem kekebalan tubuh menurun. Jadi, apa saja gejala yang mungkin ditimbulkan ketika kamu mengalami kondisi tersebut? Berikut ini di antaranya.

  • Sakit tenggorokan
  • Sariawan
  • Bibir pecah-pecah
  • Badan mudah lelah
  • Terkadang, mengalami hidung tersumbat

Mungkin beberapa gejala panas dalam di atas ada yang mirip dengan anosmia, atau sesak napas.

 

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Credit Image - hype.grid.id

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketika daya tahan tubuh menurun – maka akan terjadi banyak gangguan atau masalah kesehatan pada tubuh, termasuk panas dalam. Nah, gangguan yang satu ini – paling sering dirasakan, lho. Apakah kamu juga kerap mengalaminya?

Jika iya, setidaknya ada empat tips yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini sejumlah cara tersebut.

1. Minum air putih

Tips pertama, pastikan kamu sudah mencukupi kebutuhan cairan tubuh secara optimal. Cairan merupakan komposisi yang paling banyak di dalam tubuh, lho. Jadi, ketika asupan cairan berkurang – maka hal ini bisa mengganggu keseimbangan tubuh, dan akhirnya imunitas pun melemah.

Nah, dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan rutin minum air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari – sistem kekebalan tubuh pun dapat bekerja secara optimal, dan tentunya berbagai masalah kesehatan, termasuk panas dalam dapat dihindari.

 

2. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa makanan yang bergizi, seperti buah, sayuran, daging, dan kacang-kacangan – merupakan sumber nutrisi, termasuk vitamin yang sangat baik. Sejumlah makanan tersebut juga dapat menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho.

Dengan rutin mengonsumsi makanan bergizi tinggi, serta memiliki pola makan yang baik – maka, kondisi kesehatan tubuh dapat tetap terjaga. Dan sudah pasti, daya tahan tubuh tetap dalam keadaan optimal, sehingga kamu tak mudah terserang berbagai macam penyakit.

 

3. Jangan lupa, istirahat yang cukup!

Apakah kamu punya kebiasaan begadang – atau bahkan jarang tidur? Mesti diwaspadai, sebab kebiasaan yang satu ini merupakan salah satu penyebab imunitas tubuh mudah menurun. Akibatnya, berbagai macam penyakit, termasuk panas dalam pun semakin mudah menyerang.

Untuk itu, coba biasakan beristirahat dengan cukup, seperti memiliki waktu tidur yang berkualitas. Hal ini bertujuan agar daya tahan tidak menurun, sehingga tubuh tidak mudah drop. Di masa pandemi Covid-19 – hal ini memang sangat penting diperhatikan ya.

 

4. Optimalkan dengan konsumsi multivitamin

Mengonsumsi suplemen setiap hari, terutama yang mengandung Vitamin C juga sangat direkomendasikan, lho. Vitamin C merupakan nutrisi penting yang berperan dalam menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat. Kalau begini, sudah pasti panas dalam pun dapat dihindari ya.

Kamu direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon-C – secara rutin, dua kali sehari nih! Tapi, mengapa sih mesti Enervon-C?

Multivitamin andalanmu ini mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C – berperan dalam mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi. Manfaat yang satu ini dapat membuatmu semakin berenergi sepanjang hari.

Minum Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat berikan perlindungan ekstra bagi tubuh!

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai daya tahan tubuh menurun – dapat menyebabkan panas dalam. Jika kamu sedang mengalaminya, yuk terapkan keempat tips di atas untuk mengatasinya!

 

 

Featured Image - klikdokter.com